Home / Aspirasi / Syahrul: Pramuka Harus Miliki Kepribadian Yang Berkarakter Dan Berakhlak Mulia

Syahrul: Pramuka Harus Miliki Kepribadian Yang Berkarakter Dan Berakhlak Mulia

Inforakyat, Tanjungpinang- Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang melaksanakan upacara pembukaan Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Kota Tanjungpinang, Kamis (15/11) di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, Syahrul, selaku pembina upacara menyampaikan dalam amanatnya pada peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-45 tahun 2006 yang lalu, Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan revitalisasi gerakan pramuka.

“Pelaksanaan revitalisasi Gerakan Pramuka antara lain dalam upaya pemantapan organisasi Gerakan Pramuka dan dengan terbitnya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka,” ujar Syahrul.

Adapun tujuan gerakan pramuka, kata Syahrul adalah untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang berkarakter dan berakhlak mulia.

“Melalui Pramuka ini diharapkan dapat membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan Republik Indonesia, serta mengamalkan Pancasila sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka,” tambahnya.

Syahrul juga menambahkan diakhir amanatnya, momen pesta siaga ini merupakan hal yang sangat penting bagi program pengkaderan Pramuka hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

“Untuk itu, keterlibatan semua pihak dalam menciptakan kader pramuka yang handal, terampil dan berdedikasi sangat dibutuhkan, sehingga kader kader pramuka ini nantinya menjadi bagian penting dalam pembangunan di Negara kita tercinta ini,” tutup syahrul.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Djasman, menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendidikan karakter, sehingga terbentuk jiwa serta karakter anak yang tangguh agar mereka menjadi generasi emas pada masa mendatang.

“Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membina dan meningkatkan keterampilan para pramuka siaga. Selain itu dapat juga memperkuat tali persaudaraan dan silaturahmi antar pramuka siaga serta untuk mempersiapkan mental para pramuka siaga yang akan memasuki masa remaja,” tutup Djasman.

Peserta kegiatan pesta siaga pramuka berjumlah 282 orang, yang berasal dari 47 sekolah dasar sekota Tanjungpinang, dengan mengutus 6 orang untuk setiap sekolah. Materi lomba kegiatan antara lain lomba hasta karya, lomba melukis, lomba puisi, lomba membaca ayat pendek, lomba bercerita dan lomba menyusun puzzle.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Anggota DPRD Kota, FKPD, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Ketua TP. PKK Kota Tanjungpinang, Kepala OPD, Camat, Lurah serta Kepala Sekolah Dasar se-Kota Tanjungpinang. (Red)

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …