Home / Kesra / Jokowi Minta Harga Daging Sapi Diturunkan

Jokowi Minta Harga Daging Sapi Diturunkan

Inforakyat.com- Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Pertanian Amran Sulaiman secara khusus di Kantor Presiden, Senin (6/6). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi bertanya perkembangan harga pangan di Indonesia.

Khusus daging sapi, Presiden Jokowi meminta harga daging sapi turun dari harga yang saat ini menjadi Rp 80.000 atau Rp 85.000 per kilogram.

Sebagaimana dilansir Kompas.com Amran pun menjelaskan strategi yang telah dilakukan, khususnya untuk menekan harga daging sapi potong di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

“Kami sudah potong rantai pasokan daging lokal dari NTT ke Jakarta. Harganya, yaitu Rp 85.000 per kilogram. Artinya ya (seharusnya) sudah turun,” ujar Amran.

Amran juga mengatakan, saat ini Bulog telah melakukan operasi pasar di sejumlah titik di Indonesia. Bulog telah menjual 1.800 ton daging sapi lokal di titik-titik itu dengan harga Rp 80.000.

“Uniknya kami tanya apakah ada untung (dengan harga itu). Ternyata (pengusaha) sudah untung Rp 5.000 per kilogram,” ujar Amran.

Bulog juga bekerjasama koperasi untuk menyalurkan daging- daging sapi lokal dengan harga sesuai dengan perintah dari Presiden.

Saat disinggung fakta bahwa harga tersebut belum merata di seluruh daerah di Indonesia, Amran mengakuinya.

Menurut dia, penurunan harga membutuhkan waktu. Namun, Amran optimistis harga daging sapi di seluruh Indonesia bisa seperti apa yang diinginkan Presiden.

Apalagi, dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, Bulog akan mendatangkan 27.400 ton daging sapi impor dari Brazil dan Australia.

Ke depan, pemerintah akan mengadakan kapal langsung dari kawasan Nusa Tenggara ke DKI Jakarta. Kapal tersebut khusus untuk mendatangkan sapi-sapi siap potong.

“Sekarang ini masih satu kapal. Nanti kami akan formulasikan dengan Kemenhub. Mungkin dalam satu atau dua tahun, bisa tujuh kapal,” ujar Amran.

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …

Tinggalkan Balasan