Home / Aspirasi / Kepala BMKG Dwikorita Resmikan Kantor Stasiun Metereologi Maritim Natuna

Kepala BMKG Dwikorita Resmikan Kantor Stasiun Metereologi Maritim Natuna

Inforakyat, Natuna- Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Natuna, Provinsi Kepri, Rabu, (31/7).

Dalam kunjungannya, Dwikorita yang didampingi Bupati Natuna, Wan Siswandi sekaligus meresmikan Kantor Unit Pelaksana Teknis Stasiun Meteorologi Maritim Natuna yang beralamat di Jalan Puak, Kelurahan Ranai Kota.

Dalam penyampaiannya, Bupati Natuna Wan Siswandi menyambut baik dengan dibangunnya Stasiun Meteorologi Maritim di Natuna. Menurutnya keberadaan stasiun ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Wan Siswandi menyebutkan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Natuna dalam pembangunan stasiun ini yakni dengan memberikan hibah lahan seluas 1 Hektar.

Selanjutnya Wan Siswandi mengatakan notabene masyarakat Natuna bermata pencaharian sebagai nelayan, sehingga dengan adanya stasiun ini nantinya dapat memberikan informasi bagi masyarakat terkait keadaan cuaca.

“Mengingat banyaknya masyarakat Natuna bekerja sebagai nelayan, tentunya keberadaan Stasiun Meteorologi Maritim sangat dibutuhkan,” katanya.

Senada dengan Bupati, Kepala BMKG Dwikorita mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna yang telah mendukung dalam pembangunan stasiun ini dengan memberikan hibah tanah seluas 1 Hektar.

“Alhamdulillah dengan lahan seluas 1 Hektar ini manjadi berkah bagi kami untuk membangun Stasiun Meteorologi Maritim BMKG di Natuna,” ucapnya.

Dwikorita mengatakan pembangunan Stasiun Meteorologi Maritim Natuna bersumber dari APBN sebesar 12 Miliar yang dilakukan secara bertahap yakni tahun anggaran 2022 sebesar 4 Miliar dan 2023 sebesar 8 Miliar.

Dwikorita menegaskan, keberadaan stasiun ini bukan hanya sebagai misi keselamatan bagi masyarakat, tapi juga sebagai bentuk dalam menjaga kedaulatan di wilayah perbatasan.

“Disamping untuk menjaga keselamatan bagi masyarakat yang bekerja sebagai nelayan, tentunya keberadaan stasiun ini juga sebagai bentuk dalam menjaga kedaulatan wilayah di perbatasan,” tegasnya.

Selanjutnya Dwikorita menghimbau kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait keadaan cuaca dan maritim, yakni dengan menginstal aplikasi Info BMKG Natuna dan Inawis BMKG.

“Terkait informasi cuaca masyarakat bisa mengakses dengan menginstal aplikasi Info BMKG Natuna, kemudian terkait maritim bisa menginstal aplikasi Inawis BMKG,” tutupnya. (Rid)

About Redaksi

Check Also

KPU Tanjungpinang Tetapkan Rahma-Rizha Nomor Urut 1, Lis-Raja Nomor Urut 2

Inforakyat, Tanjungpinang- KPU Tanjungpinang menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) Calon Wali Kota dan Wakil …