Home / KEPRI / Kawal Lebaran, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Berbasis Android Dan Care Center 1500400

Kawal Lebaran, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Berbasis Android Dan Care Center 1500400

Inforakyat, Tanjungpinang- Sebagai wujud implementasi kepedulian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kepada masyarakat peserta JKN-KIS selama musim mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanan BPJS Kesehatan yakni dengan meluncurkan Aplikasi Kesehatan Berbasis Andorid dan Care Center 24 jam di 1500400. Dengan kebijakan khusus ini, peserta JKN-KIS dijamin bisa memperoleh layanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana selama lebaran.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedur, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPSJ Kesehatan,” kata Direktur Pelayanan Maya Amiarny Rusady dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (15/6).

Menurut Maya, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan yang mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS ini akan berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun setelah sampai ke tujuan, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

“Penting diketahui pelayanan kesehatan ini hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Dimohon juga agar peserta memastikan iuran kepesertaan BPJS nya aktif,” jelasnya.

Terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Tanjungpinang dr Leni Marlina Manalu mengatakan, bahwa kebijakan layanan khusus saat mudik lebaran akan memberikan layanan kesehatan pada peserta berupa posko-posko layanan kesehatan di delapan titik mulai pelabuhan, bandara dan terminal dengan menyiapkan tenaga medis dan obat-obat kesehatan.

Adapun selama dalam perjalanan mudik atau selama lebaran di luar daerah, BPJS juga memberikan kemudahan layanan bagi peserta. Seperti mengecek iuran peserta maupun kepastian keaktifan kartu, peserta dapat mengakses aplikasi BPJS Kesehatan Mobile berbasis android pada menu cek iuran.

“Sedangkan daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile maupun melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400,” Jelasnya.

About Redaksi

Check Also

KPU Tanjungpinang Tetapkan Rahma-Rizha Nomor Urut 1, Lis-Raja Nomor Urut 2

Inforakyat, Tanjungpinang- KPU Tanjungpinang menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) Calon Wali Kota dan Wakil …