Home / Aspirasi / Reses Ke Dapil, Anggota DPRD Tobasa Liston Hutajulu Jaring Aspirasi Warga

Reses Ke Dapil, Anggota DPRD Tobasa Liston Hutajulu Jaring Aspirasi Warga

Inforakyat, Tobasa- Anggota DPRD Tobasa Liston Hutajulu melakukan reses ke Daerah Pemilihan (Dapil) V di Kecamatan Nassau dan Kecamatan Habinsaran, tepatnya di Desa Sibuntuon Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dalam reses ini, Liston banyak menerima keluhan atau aspirasi dari warga setempat, salah satunya masalah status hutan lindung.

“Ini masalah kami yang paling besar sekarang. Kalau dulu masalah kami soal listrik, sekarang soal kawasan hutan ini,” ujar Jonson Siahaan, tokoh masyarakat dari Desa Sibuntuon pada Rabu (5/12). Sebagaimana disadur dari media infopublik.id

Dalam pertemuan tersebut, Liston berjanji akan segera menyampaikan keluhan warga tersebut kepada Bupati Tobasa.

“Dari lembaga Lesgislatif, saya akan menyampaikan kepada Bupati agar beliau menyampaikan surat permohonan ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, selanjutnya surat itu akan kita kawal terus hingga berhasil,” kata Liston.

Menurut Anggota DPRD Tobasa dari Komisi B yang membidangi soal pembangunan Insfrastruktur jalan ini, masalah kehutanan menjadi persoalan serius yang harus diselesaikan secara bersama-sama oleh Pemerintah Provinsi hingga tingkat pusat.

“Sebelum saya jadi Anggota DPRD, saya dan masyarakat dari desa ini berjuang bersama untuk memasukkan listrik ke beberapa desa itu dan akhirnya berhasil. Sekarang masalah lain yang lebih urgent adalah soal kehutanan ini,” ujarnya.

Liston menilai, proses penganggaran di DPRD selalu terkendala karena status kawasan hutan itu. Untuk itu ia berjanji akan menyampaikan dan mengawal aspirasi masyarakat tersebut.

Sebagaimana diketahui sepanjang jalan menuju sembilan desa di Dapil V ini yakni Desa Sipagabu dan Desa Liat Tondung di Kecamatan Nassau, serta Desa Pagar Batu, Desa Sibuntuon, Desa Lumban Lintong, Desa Panamparan, Desa Pararungan, Desa Lumban Balik dan Desa Lumban Gaol di Kecamatan Habinsaran belum pernah diaspal.

Pemkab Toba Samosir pun telah beberapa kali mengupayakan alokasi anggaran perbaikan jalan menuju desa itu, namun pembangunan terkendala karena jalan menuju desa itu melintasi kawasan hutan suaka margasatwa dan kawasan hutan lindung. (Red)

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …