Home / Aspirasi / Karantina Pertanian Musnahkan Berbagai Merk Makanan Olahan Daging Babi

Karantina Pertanian Musnahkan Berbagai Merk Makanan Olahan Daging Babi

Inforakyat, Tanjungpinang- Karantina Pertanian Tanjungpinang, Jumat (24/1), memusnahkan sekitar 500 kilo gram komoditas pertanian wajib periksa karantina.

Komoditas dimusnahkan dengan cara dibakar di tungku. Sebagian besar diantaranya merupakan daging babi olahan, sayur dan buah serta benih tanaman yang ditegah dari penumpang yang masuk melalui pelabuhan yang ada di Pulau Bintan, dibawa wisatawan atau warga Indonesia yang melakukan kunjungan ke luar negeri.

Beberapa komoditas ditegah dari kapal kargo. Penegahan dilakukan selama libur Natal dan Tahun Baru hingga menjelang Tahun Baru Imlek.

Kepala Kantor Karantina Pertanian Tanjungpinang, Donni Muksydayan menjelaskan, rata-rata komoditas yang dimusnahkan itu berasal dari China.

“Walaupun beberapa diantaranya dibawa dari Malaysia, tetapi ini produk buatan China” ungkapnya.

Menurut Donni, penegahan dan pemusnahan merupakan bagian upaya peningkatan pengawasan, sekaligus mencegah penyebaran penyakit melalui barang bawaan.

Salah satunya adalah mencegah masuknya penyakit African Swine Fever (ASF) atau Demam Babi yang telah merebak di sebagian besar negara di Asia Tenggara.

“Desember lalu ditemukan di Sumatera Utara. Ini yang kita khawatirkan. Makanya kita telah menutup pengiriman Babi dari Sumatera Utara,” tandasnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Beredar Video Acara Jalan Santai Sempena Hari Jadi Kepri ke 22 di Tugu Sirih Berlangsungnya Ricuh

Inforakyat, Tanjungpinang- Video kericuhan acara Jalan Santai dan Senam Sehat Sempena Hari Jadi Provinsi Kepri …