Home / Aspirasi / Tahun Depan Pemkab Bintan Fokus Pada Recovery Ekonomi dan Bantuan Tanpa Bunga Bagi UMKM

Tahun Depan Pemkab Bintan Fokus Pada Recovery Ekonomi dan Bantuan Tanpa Bunga Bagi UMKM

Inforakyat, Bintan- Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan bahwa Pemkab Bintan akan fokus melaksanakan dua program penting di tahun depan. Adapun dua fokus program tersebut, Yakni fokus pemulihan ekonomi (recovery economy) dan fokus mengucurkan bantuan dana kepada UMKM tanpa bunga.

Untuk merealisasikan kedua program penting itu terpaksa dilakukan pengalihan anggaran pembangunan. Sehingga alokasi dana pada APBD 2021 mendatang akan secara optimal dikucurkan untuk program-program pasca Pandemi Covid-19.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan fokus pemerintah nantinya akan menyesuaikan target-target dengan mengurangi usulan pembangunan fisik. Lalu akan melakukan re-alokasi dan refocusing anggaran belanja ke beberapa sektor prioritas utama.

“Dananya juga untuk bidang kesehatan, bidang pendidikan serta pemberian stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha kecil (UMKM),” kata Apri, Selasa (25/8).

Secara global pertumbuhan ekonomi Indonesia – 5,32 persen. Kemudian untuk Provinsi Kepri sendiri berada di angka – 6,66 persen di kuartal ke II 2020 ini. Untuk sektor pariwisata di Kabupaten Bintan yang menjadi pemasukan keuangan daerah utama mengalami penurunan akibat pandemi covid-19.

Tentunya berimbas pada Pendapat Asli Daerah (PAD) dan juga berdampak pada program pembangunan. Maka tahun depan pemerintah akan bijak dalam penggunaan anggaran daerah yang tentunya harus memprioritaskan recovery economy.

“Kita tetap utamakan masyarakat kecil dibandingkan pembangunan,” kata Apri.

Secara terperinci program-program tersebut sedang disusun oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Lalu akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan terkait total anggaran yang dibutuhkan.

Ketika sudah disetujui maka program dan kebutuhan anggarannya akan disetujui bersama dalam bentuk peraturan daerah (perda).

“Saat ini seluruhnya masih disusun, bentuk program yang akan kita luncurkan bagi recovery economy 2021. Saya sudah minta sejumlah dinas terkait sudah harus ancang-ancang dari awal. Misalnya Disnaker itu nanti bikin apa, begitu juga dengan dinas lainnya. Prinsipnya kita harus kejar recovery economy 2021,” papar Apri. (Red)

About Redaksi

Check Also

Berikan Kuliah Umum di UMRAH, Rudi Jadi Idola dan Inspirasi Kesuksesan Bagi Mahasiswa

Inforakyat, Tanjungpinang- Wali Kota Batam, Muhamad Rudi, yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam, menarik perhatian …