Home / Aspirasi / IWO Minta Pjs Gubernur Kepri Hargai Tugas Wartawan

IWO Minta Pjs Gubernur Kepri Hargai Tugas Wartawan

Inforakyat, Tanjungpinang- Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Tanjungpinang Iskandar Syah, kecewa dengan perlakuan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin yang dinilai melecehkan wartawannya di agenda kunjungan Pjs Gubernur ke Pasar terapkan Prokes. Senin (19/10).

Menurut Iskandarsyah, selaku pejabat publik, Bahtiar seharusnya memberikan contoh yang baik terhadap pekerja pers yang merupakan dan termasuk dalam 4 pilar demokrasi.

Iskandar juga menilai wajar wartawan bertanya terhadap Bahtiar karena agenda kegiatan itu menimbulkan berkumpulnya orang banyak di tengah pandemi COVID-19.

“Wajarkan teman-teman wartawan bertanya tentang kegiatan tersebut. Apalagi menyebabkan kerumunan orang banyak. Wartawan kan bertanya. Mereka bertanya kan ada sangkut paut dengan agenda peninjauan pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 oleh Pjs Gubernur Kepri di dua pasar Kota Tanjungpinang. Itukan sesi wawancara resmi, tugas jurnalistik juga kan. Bukannya mengada-ada, apa salahnya coba,” papar dia.

Iskandar menegaskan, wartawan dalam melakukan tugas jurnalistik dilindungi oleh UU 40 Tentang Pers Tahun 1999. Selain itu juga,wartawan menaati Kode Etik Jurnalistik dalam menyampaikan informasi.

“Kan sudah jelas, ada Undang-Undang yang mengaturnya. Wartawan juga punya kode etik. Paham tak Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin tentang hal ini?,” tegasnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Pemprov Kepri Melalui DKP Salurkan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan dan Masyarakat Termasuk Perlindungan BPJS Untuk Sejahterakan Nelayan

Inforakyat Tanjungpinang- Salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Program Perlindungan Nelayan. …