Home / Aspirasi / Ciptakan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Satpol PP Natuna Jalin MoU Bersama Kelurahan Ranai Kota

Ciptakan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Satpol PP Natuna Jalin MoU Bersama Kelurahan Ranai Kota

Inforakyat, Natuna- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Natuna dan Kelurahan Ranai Kota melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman kerjasama dalam rangka penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penegakan kepatuhan terhadap peraturan daerah (Perda) Kabupaten Natuna.

Kerjasama dibahas melalui pertemuan Satpol PP Natuna dan Kelurahan Ranai Kota serta beberapa perwakilan pihak Kecamatan Bunguran Timur. Rapat dipimpin langsung oleh Kasatpol PP Natuna, Irlizar, yang di Hadiri oleh Lurah Ranai Kota, bertempat di Ruang Kerja Kasatpol PP, Ranai, Rabu (3/5).

Irlizar menjelaskan, alasan pihaknya memilih Kelurahan Ranai Kota mengingat kelurahan tersebut merupakan pusat Kabupaten Natuna, serta memiliki jumlah penduduk paling banyak dibandingkan wilayah lain, sehingga kompleksitas gangguan ketertiban umum dan pelanggaran Perda potensinya lebih besar.

Adapun hasil kerjasama itu terang Irlizar, melakukan deteksi dini dan cegah dini. Artinya ketika ada potensi gangguan ketertiban umum, maka kedua pihak bersama-sama melakukan deteksi yakni mencari informasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

“Kemudian kami akan melakukan penyuluhan mengenai ketertiban umum, ketentraman masyarakat serta penegakan peraturan daerah. Selanjutnya melakukan patroli bersama,” terang Irlizar saat ditemui di ruang dinasnya.

Irlizar menyebutkan, tujuan kerjasama tersebut yaitu menciptakan kondisi yang aman, tertib dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan daerah, serta pemberdayaan satuan linmas yang ada di Kelurahan Ranai Kota, sehingga memberikan kenyaman bagi masyarakat.

“Terakhir kita sama-sama memberdayakan satuan linmas yang ada di wilayah Kelurahan Ranai Kota. Sebagaimana kita ketahui, linmas juga memiliki tugas untuk menjaga ketertiban umum dan penanggulangan bencana,” sebutnya.

Sebagai penutup, Irlizar berharap melalui kolaborasi ini nantinya masyarakat menjadi tertib, aman dan kondusifitas lingkungan senantiasa terjaga, serta menciptakan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan daerah. (Rid)

About Redaksi

Check Also

Pemprov Kepri Melalui DKP Salurkan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan dan Masyarakat Termasuk Perlindungan BPJS Untuk Sejahterakan Nelayan

Inforakyat Tanjungpinang- Salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Program Perlindungan Nelayan. …