Home / Aspirasi / Desa Wisata Busung Bintan Tawarkan Pesona Keindahan Alam Yang Buat Kamu Ingin Berkunjung Kembali

Desa Wisata Busung Bintan Tawarkan Pesona Keindahan Alam Yang Buat Kamu Ingin Berkunjung Kembali

Inforakyat, Bintan, Pariwisata, Sabtu (11/11/2023)- Selain terkenal sebagai surga tropis di bagian barat Indonesia, Pulau Bintan Provinsi Kepri ini juga dikenal memiliki sebuah destinasi wisata yang begitu memesona yang berada di Desa Wisata Busung.

Berlokasi di Kecamatan Tanjung Uban di sebelah barat laut Bintan, Desa Wisata Busung ini dapat ditempuh selama 45 menit berkendara dari Tanjung Pinang.

Bagi wisatawan dari luar daerah, kamu bisa mengambil penerbangan pesawat dengan tujuan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kota Tanjungpinang, dari bandara wisatawan dapat menyewa mobil atau jasa travel yang tersedia di Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah atau Pelabuhan Sri Bintan Pura jika kamu menggunakan transportasi laut.

Sesampainya di lokasi pengunjung akan disambut oleh penduduk desa dengan ramah dan antusias. Penduduk asli di Desa Wisata Busung merupakan masyarakat dari etnis Melayu yang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat mereka, sehingga dipastikan pengunjung akan merasa nyaman.

Adat istiadat yang masih kental disana yakni beberapa di antaranya adalah tradisi tepuk tepung tawar serta pembacaan kitab Barzanji dan Asrakal dalam upacara perkawinan dan menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW. Ada juga pertunjukan tari silat pengantin untuk mengiringi mempelai pria.

Semua pengunjung yang berwisata kesana punya kesempatan menyaksikan semua tradisi ini langsung apabila ada penduduk Desa Wisata Busung yang melaksanakan pernikahan. Semua itu memang disajikan sebagai salah satu upaya menarik wisatawan ke Desa Wisata Busung.

Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, segala upaya akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri baik langsung maupun melalui Event event oleh Dinas Pariwisata untuk mengenalkan potensi wisata di Kepulauan Riau termasuk di Pulau Bintan dan Desa Wisata Busung.

“Bintan ini kan salah satu destinasi wisata unggulan di Kepri. Segala upaya pasti kita lakukan, terlebih pasca pandemi. Kita harus bangkit wisata Kepri harus bangkit untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kepri,” ungkapnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …