Home / KEPRI / Optimalkan Pengelolaan Keuangan, Pemkab Bintan Teken MoU Dengan BPKP

Optimalkan Pengelolaan Keuangan, Pemkab Bintan Teken MoU Dengan BPKP

Inforakyat, Bintan- Pemerintah Kabupaten Bntan bersama tiga kabupaten/kota yang ada di Propinsi Kepulauan Riau yakni Pemko Tanjungpinang, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT. Bank Riau Kepri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Kepri.

Acara yang dilaksanakan di Auditorium Hotel Harmoni Batam, Rabu (14/4) sore tersebut, juga merupakan tindak lanjut dari pengembangan dan pengunaan aplikasi Kasda Online Interface Simda Keuangan dalam rangka mengoptimalisasi pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Direkut Utama PT. Bank Riau Kepri Irwandi Bustari dalam sambutannya mengatakan bahwa aplikasi Kasda Online yang akan diterapkan di setiap pemerintah daerah bertujuan untuk membantu dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

“Aplikasi ini juga dapat mengurangi resiko pengembalian berkas Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Selain itu aplikasi online ini memudahkan pihak-pihak yang dalam hal ini BPKP sebagai badan pengawas keuangan daerah dalam memantau transaksi keuangan kas daerah, mempercepat proses pembayaran realisasi SP2D kepada pihak ketiga serta memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan rekonsiliasi keuangan,” terang Irwandi.

Menurut Irwandi, Aplikasi online tersebut sebenarnya bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dan memberikan kemudahan kepada pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan pembangunan (BPKP) Perwakilan Kepri Panijo, menjelaskan BPKP sebagai badan pengawas keuangan pemerintah sangat mendukung penerapan aplikasi yang bertujuan untuk membantu mengoptimalisasi keuangan daerah menuju good governant.

“Karena aplikasi ini sangat memudahkan bagi BPKP dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan keuangan di setiap daerah yang ada diprovinsi Kepri,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam mengatakan bahwa Pemkab Bintan sangat mendukung penuh atas penggunaan aplikasi Kasda Online yang akan di terapkan di setiap daerah.

“Kita sangat dukung, karena pemerintah yang dapat dikatakan sebagai Good Governant adalah yang dapat menerapkan prinsip manajemen modern yang mengusung transparansi, akuntabel, efisiensi dan efektivitas dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang salah satunya adalah pemanfaatan teknologi informasi secara online,” kata Wakil Bupati.

Ia berharap, penerapan aplikasi tersebut dapat menekan kesalahan dalam penerimaan dan pencairan kas daerah.

“Kepada semua pihak yang terlibat agar dapat berkomitmen melaksanakan MoU dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah di setiap daerah yang akan menggunakan aplikasi online ini,” tutupnya.

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …