Home / KEPRI / Peduli Kebutuhan Darah, Ikasmansa Tanjungpinang Gelar Donor Darah

Peduli Kebutuhan Darah, Ikasmansa Tanjungpinang Gelar Donor Darah

Inforakyat, Tanjungpinang- Sebagai bentuk kepedulian antar sesama terlebih bagi yang membutuhkan ketersediaan darah, Ikatan Alumni SMA 1 (Ikasmansa) Tanjungpinang bergerak dan menggelar kegiatan donor darah.

Ketua Harian Ikasmansa, Ing Iskandarsyah mengatakan, saat ini kebutuhan darah sangat meningkat, sehingga ketersediaan stok darah sangat diperlukan. Salah satu cara untuk dapat memenuhi kebutuhan permintaan darah adalah dengan menggelar bakti sosial Donor darah.

“Kita tahu di Tanjungpinang ini kekurang darah sangat besar sekali. Dan saat ini kebutuhan kantong darah di Kota Tanjungpinang 500 kantong perbulan. Sedangkan stok kantong darah di PMII Tanjungpinang sangat terbatas,” kata Ing Iskandarsyah disela pengambilan darah di Gedung Bintan Expo Tanjungpinang, Rabu (23/8).

Selain pria yang memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama ini juga mengatakan, bila dilihat dari masyarakat yang membutuhkan darah, tdak seimbang orang yang mendonor dengan yang membutuhkan darah.

“Belum lagi orang yang insiden dan juga seperti penyakit gagal ginjal sangat membutuhkan darah. Untuk itu kami Keluarga donor darah Ikasmansa berkomitmen secara rutin melaksanakan kegiatan ini. Mudah -mudahan terus bisa melaksanakannya, sehingga orang atau masyarakat nanti terbiasa mendonorkan darah setiap tiga bulan,” ujarnya.

Oleh karena itu Ikasmansa Tanjungpinang kata Iskandarsyah akan terus bekerjasama dengan tim penggerak PKK Kepri, mengelar kegiatan donor darah.

“Selain bertujuan untuk mengumpulkan stok darah untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan darah, juga sebagai ajang silaturahim Ikasmansa Tanjungpinang dan kegiatan donor darah yang digelar IKasmasa Tanjungpinang hari ini Rabu (23/8,) merupakan kegiatan yang ke empat kali yang dilaksanakan,” ucapnya.

Motto Keluarga donor darah Ikasmansa Tanjungpinang dalam kegiatan donor darah ini “Jadilah Pahlawan Bagi Kemanusian, Setetes Darah Anda Nyawa Bagi Pasien”

Sementara ketua Keluarga dinor darah Ikasmansa Tanjungpinang, Raja Rasfiardi, mengatakan dalam kegiatan aksi donor ini pihaknya telah berhasil mengumpulkan sekitar 72 kantong darah.

“Alhamdulillah dapat 72 kantong dan juga sesuai di hari ulang tahun RI ke 72 tahun dan darah akan kita berikan untuk yang membutuhkan darah,” katanya.

Lanjut dikatakan Raja Raspriadi kegiatan ini rutin dilaksanakannya setiap 3 bulan dan ini merupakan kegiatan yang ke empat.

“Jadi, setiap yang donor darah secara sukarela, itu menjadi keluarga bagi sesama. Karena kita melihat, saat ini kebutuhan darah di Kota tanjungpinang setiap saat terus meningkat. Sedangkan persediaan darah selalu kosong. Untuk itu melalui aksi ini, kami mengajak masyarakat untuk mendonor darahnya terlebih dahulu secara sukarela,” tutupnya.

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …