Home / Aspirasi / 74 Ribu Penduduk Tanjungpinang Dipastikan Sudah Memiliki e-KTP

74 Ribu Penduduk Tanjungpinang Dipastikan Sudah Memiliki e-KTP

Inforakyat, Tanjungpinang- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto mengatakan bahwa penduduk Kota Tanjungpinang yang sudah memiliki e-KTP sudah mencapai 74 ribu jiwa dari total 145 ribu jiwa penduduk Kota Tanjungpinang yang sudah berhak memiliki KTP.

“Sebanyak 74 ribu penduduk Tanjungpinang sudah mengantongi e-KTP. Sedangkan yang wajib memiliki e-KTP sebanyak 145 ribu orang. Artinya masih ada sekitar 70 ribuan lebih yang belum mengantongi e-KTP hingga Desember 2017 lalu,” kata Irianto, Senin (14/5) saat ditemui diruang kerjanya.

Dari 70 ribu an orang yang belum mengantongi e-KTP itu, kata Mantan Kasatpol PP ini ada sekitar 9 ribu orang yang belum melakukan perekaman e-KTP hingga saat ini.

Menurutnya, untuk data pasti masyarakat yang sudah memiliki e-KTP hingga April 2018, itu belum bisa diketahui pasti.

“Sebab, sekarang ini menggunakan sistem online, kemudian dalam sistem online itu menggunakan data konsolidasi bersih dan itu datanya keluar satu tahun 2 kali, yakni pada Juli dan Desember mendatang,” ucapnya.

Artinya, pada bulan Juli mendatang baru bisa dilihat sudah berapa banyak masyarakat Tanjungpinang yang sudah mengantongi e-KTP.

“Yang jelas sudah dibawah 74 ribu yang belum mengantongi e-KTP, karena sejak Januari 2018 kita mencetak e-KTP sekitar 70 e-KTP perharinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, sambung Irianto, dari 9 ribu yang belum melakukan perekaman otamatis juga akan berkurang terus.

“Sebab, setiap hari masyarakat terus melakukan perekaman di Disdukcapil. Lagipula kita sudah melakukan sosialisasi kesekolah, kemasyarakat dan tempat lainnya, dan juga sekarang ini kita sudah mempunyai 3 alat perekaman yang sebelumnya hanya dua alat perekaman yang ada di Disdukcapil,” ungkapnya. (Narto/red)

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …