Home / Aspirasi / Permudah Layanan Perbankan, BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama Dengan 4 Bank

Permudah Layanan Perbankan, BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama Dengan 4 Bank

Inforakyat, Tanjungpinang- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang, membuka 4 loket Bank pelayanan untuk mempermudah masyarakat keperluan perbankan, selain tidak hanya mendaftarkan atau mengurus administrasi kepesertaan.

”Hal ini yang berbeda jika masyarakat yang ingin berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang yang beralamat di Jalan Sunaryo, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina, Kamis (19/7).

Lenny mengatakan, beberapa waktu yang lalu, kantor cabang Tanjungpinang sudah bekerja sama dengan tiga bank pemerintah, yaitu Mandiri, BNI, dan BRI. Dan saat ini, kantor cabang Tanjungpinang telah bekerja sama dengan 1 bank swasta yaitu BCA.

“Keempat bank tersebut menempatkan satu orang staf dari masing-masing bank dan membuka loket di dalam kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang,” ucapnya.

Lenny menambahkan, bahwa kerja sama ini dalam rangka mempermudah peserta dan menjadikan kantor ini layaknya layanan satu pintu (one stop service).

“Dalam pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan bukan pekerja atau disebut juga peserta mandiri atau individu, salah satu syaratnya yaitu peserta diminta untuk memiliki buku tabungan, baik dari bank BNI, Mandiri, BRI, dan BTN, dan juga dianjurkan untuk membayar iuran secara autodebet. Selama ini, sebelum ada loket bank di kantor, peserta harus bolak-balik dari kantor BPJS Kesehatan ke lokasi bank.

Hal ini menambah biaya dan waktu peserta, bahkan ada peserta yang mengurungkan niatnya untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, karena merasa ribet. Padahal fasilitas perbankan ini untuk memudahkan peserta, agar tidak lupa dan repot membayar tiap bulannya dengan fasilitas autodebet,” kata Lenny.

Lebih lanjut, Lenny menyampaikan apresiasi atas kerja sama dari pimpinan empat bank ini, sehingga mau menempatkan seorang stafnya dan membuka loket di kantor.

Untuk itu peserta yang belum memiliki buku tabungan, dapat mendaftar untuk membuat buku tabungan, mendaftar untuk autodebet, membayar iuran dengan fasilitas mesin EDC, dan fasilitas perbankan lainnya.

“Karena disini peserta JKN-KIS juga mendapatkan banyak manfaat, terlebih lagi saat ini juga sudah ada program Tabungan Sehat,” ujar Lenny.

Dengan ada loket Bank ini, kata dia, peserta tentunya sangat terbantu. Bagi peserta yang belum memiliki buku rekening dapat langsung dibuat di kantor, peserta bisa mendaftar autodebet, dan juga bertanya tentang fasilitas perbankan kepada petugas bank yang ditugaskan di loket.

”Untuk peserta atau masyarakat yang ingin mendapatkan Informasi lebih lanjut, silahkan datang ke kantor dan juga bisa menghubungi Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tanjungpinang,” kata Lenny. (Red)

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …