Home / Aspirasi / Bawaslu Kepri Petakan Sepuluh Kerawanan Pada Pemilu 2019 Mendatang

Bawaslu Kepri Petakan Sepuluh Kerawanan Pada Pemilu 2019 Mendatang

Inforakyat, Tanjungpinang- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri menyampaikan, ada Sepuluh (10) karawanan di Pemilu Tahun 2019.

“Ada 10 kerawanan yang akan kami awasi pada Pemilu 2019,” kata komisioner Bawaslu Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, saat sosialisasi hasil pengawasan tahapan Pemilu 2019 bersama Media, Rabu (3/10) di Hotel Aston Tanjungpinang.

Sepuluh Kerawanan Pemilu 2019 tersebut, yakni Otoritas penyelenggara Pemilu menyangkut indenpendensi dan ketaatan penyelenggara regulasi. Netralitas ASN, TNI dan Polri. Relasi kepala daerah dengan penyelenggara.

Ada juga pada Pemilih yang belum masuk dalam daftar pemilih. Politikisasi Sara dan Birokrasi. Ujaran kebencian (Media sosial) dan Hoak. Politik uang. Kontestasi antar Caleg dan antar Partai. Rekaputulasi dan Migrasi suara dan hasil.

Sementara untuk pengawasan yang dilaksanakan, antara lain, pengawasan kegiatan pra kampanye. Pengawasan penyerahan tim/pelalsana kampanye. Pegawasan terhadap keputusan KPU tentang penetapan pemasangan titik APK.

Pengawasan akun sosail media yang didaftarkan. Pengawasan kategori alat kampanye yang sudah terpasang sesudah belum dan secara resmi dicatak KPU atau partai politik dan perseorangan.

Pengawasan pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye dan kegiatan lain. Netralitas ASN. Penertipan pemasangan APK yang tidak sesuai.

Sebagai mitra kerja pengawas pemilu, Pers/Media menurut Komisioner Bawaslu ini mempunyai peran yang strategis dalam menyebarluaskan informasi tentang kepemiluan.

Sehingga Bawaslu Provinsi Kepri memandang perlu tetap menjalin kerjasama dengan dengan Pers/Media dalam rangka meningkatkan kualitas pengawasan. (Red)

About Redaksi

Check Also

Junjung Peradaban Melayu Islam, Rudi-Rafiq Ziarahi Makam Sultan Mahmud Riayat Syah di Lingga

Inforakyat, Tanjungpinang- Di tengah kesibukannya bersilaturahmi dengan masyarakat di beberapa desa di Kabupaten Lingga, calon …