Home / Aspirasi / Walikota Buka Musrenbang Kecamatan Tanjungpinang Kota

Walikota Buka Musrenbang Kecamatan Tanjungpinang Kota

Inforakyat, Tanjungpinang- Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Membuka Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kota Tanjungpinang yang diselengarakan di Gedung Wanita Tun Fatimah Senggarang, Tanjungpinang, Rabu (5/2) Pagi.

Camat Tanjungpinang Kota, Nasrizal, dalam paparannya menjelaskan bahwa wilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota terdiri dari 4 (empat) kelurahan yaitu, Kelurahan Kp. Bugis, Senggarang, Tanjungpinang Kota, dan Penyengat, yang jumlah penduduknya 21.876 jiwa, Jumlah RT: 70/ RW: 28 dan Jumlah KK, 6.424.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 dari Alokasi Dana Kelurahan, Kelurahan Kp. Bugis, Fisik 20/Non fisik 3 kegiatan, Senggarang, Fisik 9/Non fisik 18, TPI Kota, Fisik 13/Non fisik 7, dan Penyengat, Fisik 10/Non fisik 5.

Kegiatan yang di laksanakan oleh PUPR Tahun 2019, Kelurahan Kp. Bugis, 12 kegiatan, Senggarang, 8 kegiatan TPI Kota, 3 kegiatan dan yang dilaksanakan oleh Perkim Tahun 2019 di antaranya, Kelurahan Kp. Bugis 11 kegiatan, Senggarang 9 kegiatan, TPI Kota, 14 kegiatan, dan Penyengat 1 Kegiatan.

Semantara itu, Walikota Tanjungpinang,  Syahrul, dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang Kecamatan merupakan Forum Musyawarah antara para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati lankah- langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan kecamatan yang diitegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah, Musrenbang RKPD kota di kecamatan dikoordinasikan oleh Bapelitbang kota dan dilaksanakan oleh kecamatan.

Tema Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan RKPD tahun 2020 adalah “Pengembangan Pusat Kebudayaan Melayu dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Yang menjadi arah kebijakan pembangunan kota Tanjungpinang Tahun 2021 meliputi, Pengembangan pusat budaya melayu, Penyelenggaraan event seni budaya melayu tingkat Nasional, Peningkatan sarana dan prasarana dan Akreditasi Sekolah Paud dan Pendidikan Dasar, Peningkatan kompetensi Pendidik dan tenaga Kependidikan.

“Peningkatan Promosi prilaku hidup bersih dan sehat, Peningkatan kompetensi petugas kesehatan, Peningkatan sarana prasarana Rumah sakit dan puskesmas, Peningkatan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang, Pengembangan Smart People dalam menunjang Smart City, Peningkatan koordinasi pemenuhan hak perempuan dan Anak, Peningkatan kualitas pelayanan lembaga perlindingan perempuan dan anak, dan Peningkatan kompetensi pelatih dan pembinaan Atlet terutama pada cabang olahraga prestasi,” ungkap Syahrul.

Agenda pelaksanaan Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan RKPD Tahun 2021 ini dijadwalkan pelaksanaannya pada Tanggal 5-6 Februari 2020 di 4 (empat) Kecamatan Kota Tanjungpinang.

“Pada kesempatan ini juga diharapkan kesepakatan mengenai kegiatan prioritas, sasaran, yang disertai target dan kebutuhan pendanaan dalam daftar prioritas Tahun 2021, tentunya masukan yang disampaikan oleh setiap pemangku kepentingan dalam musyawarah ini untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan kinerja dalam pelaksanaan kegitan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat diwakatu yang akan datang,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Syahrul, mengucapkan terima kasih dan selamat bermusyawarah semoga kerja sama yang telah terbina antara pemerintah dan msyarakat ini dapat terpelihara dan ditingkatkan terus dimasa yang akan datang demi keberhasilan tugas-tugas bersama, terutama dalam membangun Kota Tanjungpinang yang jauh lebih baik lagi kedepannya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Pemprov Kepri Melalui DKP Salurkan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan dan Masyarakat Termasuk Perlindungan BPJS Untuk Sejahterakan Nelayan

Inforakyat Tanjungpinang- Salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Program Perlindungan Nelayan. …