Home / Aspirasi / Pemkab Bintan Wacanakan Beri Bantuan Tanpa Bunga Bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19

Pemkab Bintan Wacanakan Beri Bantuan Tanpa Bunga Bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19

Inforakyat, Bintan- Pemerintah Kabupaten Bintan berencana mengucurkan program stimulus bantuan tanpa bunga bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, saat ini program itu sedang digodok dan akan dituntaskan pada 2021.

“Ini bagian dari program recovery ekonomi yang akan dituntaskan pada tahun 2021. Kita akan memprioritaskan program-program recovery ekonomi dibandingkan pembangunan,” ucapnya, Selasa (18/8).

Menurut Apri, dengan memberikan stimulus bantuan, berupa bunga bank akan ditanggung pemerintah daerah, maka pelaku UMKM dapat bergerak, sekaligus menumbuhkan dan menghidupkan kembali ekonomi masyarakat sekitar pasca Covid-19.

“Kita sedang mendata pelaku usaha kecil dan menengah, selanjutnya kita akan bekerja sama dengan sejumlah bank, guna memberikan fasilitas bantuan dan kemudahan tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Disperindag Koperasi dan UKM Bintan mulai mendata puluhan koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terdampak Covid-19.
Hal ini seperti yang disampaikan Kabid Usaha Mikro Disperindag Koperasi dan UKM Bintan, Lita.

Ia mengatakan, pendataan ini sehubungan dengan Surat Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Nomor: 147/SM/IV/2020, perihal pendataan koperasi dan UKM terdampak Covid-19 di Bintan.

Pendataan dilakukan melalui tenaga pendamping KUKM dan PLUT.
Dimana mereka membantu menyebarkan link isian ke pelaku-pelaku usaha di Bintan untuk diisi.

“Nah untuk pelaku yang belum mengunakan handphone android, data diisi manual lalu diinput oleh pendamping ke link isian,” ucapnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Berikan Kuliah Umum di UMRAH, Rudi Jadi Idola dan Inspirasi Kesuksesan Bagi Mahasiswa

Inforakyat, Tanjungpinang- Wali Kota Batam, Muhamad Rudi, yang juga Kepala Badan Pengusahaan Batam, menarik perhatian …