Home / Aspirasi / Dispar Kepri: Jelang Akhir Tahun 2022 Pariwisata Kepri Semakin Menggeliat

Dispar Kepri: Jelang Akhir Tahun 2022 Pariwisata Kepri Semakin Menggeliat

Inforakyat, Tanjungpinang- Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau Luki Zaiman Prawira menyampaikan geliat kegiatan pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) semakin meningkat dengan diadakannya berbgai kegiatan atau Event pariwisata baik lokal maupun bertaraf Internasional. Salahsatunya pada bulan November 2022 ini akan digelar kegiatan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Festival di Harbour Bay, Kota Batam.

“Acara itu berlangsung pada tanggal 17 hingga 20 November yang ditargetkan mendatangkan ribuan wisatawan domestik mancanegara. PHRI Festival diisi berbagai pertunjukan olahraga tradisional, berlari malam hari, sepeda santai, hingga diikuti 120 stan bazar UMKM,” Kata Luki, Minggu (30/10).

Ia mendukung sekaligus mengapresiasi upaya PHRI dalam menghidupkan pariwisata Kepri, khususnya di Batam.

Luki juga optimis PHRI Festival akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sejak April hingga September 2022, kunjungan wisman Kepri menjadi terbanyak ketiga Setelah DKI Jakarta dan Bali.

“Total kunjungan wisman ke Kepri sudah mencapai 330 ribu orang,” ungkapnya.

Ia menyampaikan ke depan akan makin banyak agenda wisata yang digelar baik berskala nasional ataupun internasional. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, bisa menjadi daya tarik wisman datang ke Kepri khususnya Batam.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua PHRI Kepri terkait geliat pariwisata Kepri, Jimmi Ho menyampaikan, event itu akan berlangsung di kawasan terpadu Harbourbay. Pihaknya tidak hanya terfokus pada peserta dari Batam dan Kepri. Namun peserta dari mancanegara juga menjadi bidikan dari panitia PHRI Fest.

“PHRI yang juga bekerjasama dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kepri dan sejumlah organisasi lainnya juga menyasar wisatawan mancanegara,” kata Jimmi Ho sebagaimana disadur dari Batamtoday. Com.

Jimmi Ho menjelaskan, untuk mendukung hajatan besar tersebut, pihaknya juga akan mengadakan bazar yang diisi oleh 120 stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kepri. Selain itu, juga ada acara Night Run pada 19 November, serta Fun Bike pada 20 November 2022 nanti.

“Totalnya, terdapat 12 acara untuk memeriahkan festival itu. Nanti kita promosi di Singapura dan negara tetangga lainnya. Semoga sebelum 2023 kita sudah normal semuanya. Acara besar ini harus kita dukung total bersama-sama. Kita optimis kebangkitan Pariwisata Kepri akan kembali terjadi seperti sebelum pandemi covid-19 lalu,” tutupnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Optimis Kepri Lebih Maju, Ribuan Relawan dan Simpatisan Partai Siap Menangkan Muhammad Rudi-Aunur Rafiq

Inforakyat, Bintan- Ribuan relawan dan simpatisan memadati agenda temu kader dan konsolidasi pemenangan H. Muhammad …