Home / Aspirasi / Lima Rekomendasi Destinasi Wisata Kepri Yang Wajib Dikunjungi

Lima Rekomendasi Destinasi Wisata Kepri Yang Wajib Dikunjungi

Inforakyat, Tanjungpinang, Pariwisata, Rabu (1/11/2023)- Kepri, atau Kepulauan Riau memang sangat terkenal dengan kecantikan wisata alamnya sehingga tak heran jika provinsi ini disebut sebut sebagai salah satu penyumbang wisatawan terbanyak di Indonesia. Kepri pun menjadi destinasi liburan yang tepat bagi para pecinta alam. Selain pantai dan keindahan lautnya, Kepri juga memiliki tempat-tempat menarik lain yang wajib dikunjungi jika ingin menghabiskan liburan baik bersama keluarga maupun sendiri.

Kepulauan Riau terdiri dari pulau-pulau dan berada di utara Indonesia dan sebelah selatan Singapura. Provinsi memiliki tujuh kabupate kota yakni, Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kepulauan Anambas, dan Kabupaten Lingga.

Kepulauan Riau memiliki pesona alam yang luar biasa dan juga potensi ekonomi yang menjanjikan. Provinsi ini memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata dan industri manufaktur.

Pariwisata di Kepri didominasi oleh wisata pantai, dengan keindahan pantai pasir putih yang memikat dan aktivitas air seperti snorkeling dan menyelam. Pulau Bintan menjadi salah satu destinasi wisata utama dengan berbagai resor mewah dan lapangan golf yang terkenal.

Dengan segala pesonanya, Kepulauan Riau merupakan destinasi yang menarik untuk dikunjungi dan memiliki potensi besar untuk berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Berikut adalah rekomendasi lima destinasi yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kepulauan Riau.

1. Jembatan Barelang Batam

Terdiri dari enam jembatan. Jembatan ini menjadi akses mudah untuk menghubungkan Pulau Rempang dan Galang, Kota Batam. Di sepanjang jembatan, terdapat banyak restoran seafood untuk mengisi perut.

Jembatan Barelang adalah rangkaian jembatan sepanjang sekitar 2,4 km yang menghubungkan Pulau Batam dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setotok, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

2. Gurun Pasir dan Telaga Biru Busung

Meski terlihat alami, gurun pasir ini sebenarnya hasil dari ekskavasi tambang. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan pasir dan air biru di sekitarnya. Spot turis ini menjadi salah satu yang ikonik di Kepri.

Gurun pasir ini terletak di Desa Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, di sebelah timur Pulau Bintan. Gurun pasir ini memiliki panjang sekitar 1,2 kilometer dan lebar sekitar 800 meter.

Gurun Pasir Telaga Biru adalah tempat wisata yang populer di Pulau Bintan karena pemandangannya yang indah dan unik. Gurun pasir ini terletak di tepi laut dan memiliki danau biru yang indah yang disebut Telaga Biru.

3. Pantai Trikora Bintan

Pantai Trikora membentang panjang di sisi Timur Pulau Bintan Kepulauan Riau yang mempunyai garis pantai yang sangat panjang mulai dari daerah Kawal sampai ujungnya berjarak sekitar 21 kilometer (km) sehingga memiliki empat bagian, yakni Trikora 1, 2, 3 dan 4.

Pantai ini dihampari bentangan pasir putih berbulir halus dan dihiasi oleh hamparan bebatuan dari berbagai bentuk.

Menurut cerita masyarakat sekitar, nama Trikora berasal dari nama “three corral”, yang diberikan oleh wisatawan asing yang pada saat itu berkunjung ke pantai ini.

Namun versi lain mengaitkan bahwa Trikora berhubungan dengan Tri Komando Rakyat. Di mana pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, yang tengah hangat beredar isu tentang “Ganyang Malaysia”, dan pantai ini merupakan basis pertahanan wilayah terluar Indonesia pada masa itu.

4. Wisata Alam Anambas

Salah satunya adalah Pulau Bawah. Pulau ini memiliki laguna yang terlindungi secara alami dengan air jernih dan terumbu karang yang hidup. Di sini Anda bisa menjelajahi keindahan bawah laut dengan menyelam atau snorkeling dan melihat kapal karam yang menjadi rumah bagi kehidupan laut asli.

Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut China Selatan, di sebelah utara provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Kepulauan ini terdiri dari sekitar 255 pulau-pulau kecil yang tersebar di wilayah seluas sekitar 7.300 km².

Kepulauan Anambas memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan air laut yang jernih dan beragam keindahan bawah laut seperti terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya. Beberapa pulau di Kepulauan Anambas juga memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang biru kehijauan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Beberapa objek wisata yang populer di Kepulauan Anambas antara lain Pulau Bawah, Pulau Ayam, Pulau Durai, Pulau Penjalin, dan Pulau Jemaja. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti snorkeling, diving, berenang, memancing, dan berlayar untuk menikmati keindahan Kepulauan Anambas.

5. Alif Stone Park Natuna

Destinasi satu ini menjual keindahan alami dari bebatuan yang ada di sepanjang pantai. Tidak hanya itu, kawasan ini dikelola tanpa mengubah kontur alam yang sudah ada. Bebatuan di kawasan geopark ini kemudian dijadikan destinasi wisata juga untuk melindungi dari kerusakan.

Sejarah Alif Stone Park yang kini berkembang menjadi destinasi wisata unggulan. Setelah diresmikan menjadi destinasi wisata, Alif Stone Park terkenal hampir diseluruh Indonesia. Wisatawan akan ingat Alif Stone ketika mendengar Natuna.

Setelah itu kawasan ini dikunjungi banyak wisatawan, mulai dari lokal dan mancanegara. Mulai dari turis Australia, Prancis, Jerman, Rusia, China, Singaputa dan Spanyol.

Alif stone mendapat tujuh penghargaan nasional dan internasional. Pada 2018, destinasi wisata Alif Stone Park keluar sebagai juara Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori wisata unik.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira belum lam ini mengatakan berdasarkan data, per Juli 2023, jumlah kunjungan wisman mencapai 121.100 jiwa. Angka ini meningkat 50,97 persen dibandingkan Juli 2022.

Jika di hitung secara kumulatif wisman dari Januari-Juli 2023 jumlah kunjungan mencapai 849.979 kunjungan naik di banding 2022 yang hanya 748.154 kunjungan.

Kunjungan wisman terbanyak masih berasal dari negara tetangga Singapura yang presentasenya mencapai 53,50%, disusul wisman Malaysia 14,85%, wisman Tiongkok 4,99%, wisman India 3,85%, wisman Filipina 2,42%.

“Wisman dari Singapura dan Malaysia paling dominan karena berdekatan dengan Kepri. Disusul dengan negara lainnya,” kata dia.

Luki mengatakan Pemerintah Daerah berkomitmen meningkatkan jumlah kunjungan turis ke Kepulauan Riau dengan berbagai upaya sebab Kepri memang pantas dikunjungi dan menyuguhkan berbagai destinasi wisata unggulan. (Red)

About Redaksi

Check Also

Pemprov Kepri Melalui DKP Salurkan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan dan Masyarakat Termasuk Perlindungan BPJS Untuk Sejahterakan Nelayan

Inforakyat Tanjungpinang- Salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Program Perlindungan Nelayan. …