Home / Aspirasi / Pantai Gaseng Dompak, Salahsatu Wisata Pantai Pilihan Warga Tanjungpinang

Pantai Gaseng Dompak, Salahsatu Wisata Pantai Pilihan Warga Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang, Pariwisata, Senin (6/11/2023)- Geliat wisata Kota Tanjungpinang Provinsi Kepri semakin bergairah seiring semakin banyaknya tempat-tempat wisata yang dibuka oleh masyarakat dan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata atau Pokdarwis. Apalagi langkah-langkah pembukaan lokasi-lokasi objek wisata baru tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kepri. Alhasil, potensi wisata Kepri semakin bergairah

Salah satu destinasi kawasan strategis pariwisata Kepri di Kota Tanjungpinang yang diminati pengunjung yakni pantai Gaseng di kawasan Kampung Tanjung Siambang Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang.

Memang Pantai Gaseng ini memiliki panorama indah karena berada di bibir pantai yang berpasir. Selain aman dikunjungi, Pantai Gaseng yang baru dibuka tiga tahun terakhir tersebut letaknya tidak jauh dari pantai Tanjung Siambang maupun pantai Setumu. Karena antara tiga lokasi tersebut sama sama dalam satu garis bibir pantai. Sehingga sangat menarik minat warga Tanjungpinang untuk mengunjunginya.

Meskipun air laut surut, namun banyak pengunjung membawa keluarga bersantai sambil menikmati pemandangan alam di Pantai Gaseng. Berbekal makanan dan minuman dari rumah, masing masing keluarga menyewa pondok-pondok yang terbuat dari kayu untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Terlebih bila hari libur, pengunjung yang tiba pada siang hari tentu tidak kebagian pondok yang kosong. Sehingga harus duduk di pasir di tepi pantai. Sambil menunggu ada penyewa pondok yang pulang.

Rahmat, salah satu pengelola tempat wisata tersebut mengatakan pada hari Sabtu dan Minggu memang selalu ramai pengunjung di Pantai Gaseng ini. Pondok pondok pun penuh disewa pengunjung,” ujarnya, disela kesibukannya melayani pesanan pengunjung, Senin (6/11).

Ia menyebutkan jumlah pondok yang ada di pantai Gaseng baru berjumlah 20an, dan dengan mengeluarkan Rp40 ribu pengunjung sudah bisa bersantai sepuasnya di pondok tersebut.

Selain pondok, juga tersedia tempat duduk bagi pengunjung berdekatan dengan pondok terbuat dari kayu. Namun jumlahnya terbatas. Untuk tempat duduk ini tidak dipungut biaya. Demikian juga tersedia lokasi parkir kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Untuk parkir kendaraan juga belum dipungut biaya.

Bagi umat muslim yang akan menunaikan sholat juga tersedia pondok sederhana khusus sholat. Berdekatan dengan lokasi toilet dan untuk berwudhu. Sehingga pengunjung betah berlama-lama di pantai Gaseng.

Pengunjung yang tidak membawa bekal makanan maupun minuman tersedia warung makan dengan aneka makanan sea food dan makanan khas melayu. Diantaranya gonggong, ketam, udang, sotong masak itam, sotong goreng tepung, ikan sembilang sambal hijau, nasi goreng sea food, asam pedas, soto pun juga ada dan masih banyak menu lainnya dengan rasa yang bersaing dengan rumah makan lainnya.

Lina, warga Air Raja kepada media ini mengungkapkan merasa senang dan puas liburan akhir pekannya bersama teman-temannya, karena ia melihat tempat ini cukup lengkap, dari pondok, pasir putih arena bermain dan tempat makan. “Meskipun warung di pantai Gaseng sederhana namun aneka makanan yang dijual memiliki rasa mantap,” Lina salah satu pengunjung yang menikmati sajian makan di warung makan Pantai Gaseng.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira mengakui saat ini sudah ada beberapa Destinasi wisata bahari yang sering di kunjungi wisatawan lokal disekitaran pulau Dompak Tanjungpinang, salahsatunya Pantai Gaseng.

“Bahkan, Pantai Gaseng itu termasuk objek wisata yang sering dijadikan tempat acara-acara dari sekolahan, kampus, dan kelompok ibu-ibu perumahan. Itu sangat bagus dan harapan kita semakin bekembang untuk wisata,” ungkapnya. (Red)

About Redaksi

Check Also

Pemprov Kepri Melalui DKP Salurkan Berbagai Bantuan Kepada Nelayan dan Masyarakat Termasuk Perlindungan BPJS Untuk Sejahterakan Nelayan

Inforakyat Tanjungpinang- Salah satu Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Program Perlindungan Nelayan. …