Home / Aspirasi / Berpotensi Menggerakkan Ekonomi Masyarakat, Ing Iskandarsyah Ingin Gali Dan Lestarikan Situs Dan Cagar Budaya

Berpotensi Menggerakkan Ekonomi Masyarakat, Ing Iskandarsyah Ingin Gali Dan Lestarikan Situs Dan Cagar Budaya

Inforakyat, Tanjungpinang– Ing Iskandarsyah, salah satu candidat calon Walikota Tanjungpinang yang telah menyatakan kesiapannya maju di Pilwako 2018 mendatang memiliki keseriusan dalam menata dan memajukan Tanjungpinang. Tidak hanya dari segi ekonomi dan pembangunan, namun, Ing Iskandarsyah juga ingin membangun Tanjungpinang dengan menggali dan merawat serta melestarikan cagar budaya dan situs-situs bersejarah yang ada di Tanah Melayu.

“Didalam visi dan misi yang saya usung, saya juga ingin menjadikan Tanjungpinang ini sebagai kota berbudaya yang sejahtera. Tanjungpinang memiliki banyak situs dan peninggalan sejarah seperti makam para Raja, bangunan-bangunan bersejarah, ini yang harus dirawat dan tonjolkan untuk dikenalkan ke dunia luar sebagai kekayaan sejarah budaya Melayu,” kata Ing Iskandarsyah, Minggu (8/10).

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera ini, dasar dirinya ingin mengimplementasikan cagar budaya dan situs bersejarah menjadi salah satu kekayaan Tanjungpinang yakni, karena Tanjungpinang merupakan bagian dari kerajaan besar dimasa lalu yaitu Kerajaan Riau-Lingga yang memiliki sejarah masa lalu.

“Inilah modal kita untuk menggali dan menggembangkannya menjadi potensi kekayaan Tanjungpinang yang sekarang menjadi pusat Pemerintahan Tujuh kabupaten/kota di Kepulauan Riau. Jika ini bisa kita wujudkan yang tentunya bersama masyarakat, kekayaan situs sejarah ini akan kita wariskan untuk generasi berikutnya,” ungkap pria yang juga wakil rakyat di DPRD Kepri ini.

Dengan menggali, melestarikan dan mengenalkan cagar budaya dan situs bersejarah yang ada di Tanjungpinang, baik di dalam maupun ke luar negeri, Ing Iskandarsyah optimis situs-situs dan cagar budaya tersebut akan banyak menarik keinginan masyarakat untuk melihat dan mengunjunginya. Sehingga, potensial mendatangkan tamu-tamu dalam dan luar negeri yang tentu akan meningkatkan kunjungan pariwisata.

“Kuncinya, kita gali, rawat dan melestarikan cagar budaya. Setelah itu kita lakukan, cagar dan situs peninggalan sejarah ini akan kita kenalkan ke masyarakat luar dan dalam negeri. Bahwa Tanjungpinang sebagai bagian dari kerjaan Melayu masa lalu memiliki peninggalan sejarah yang luar biasa,” ujarnya.

Tak hanya itu, pria yang selalu tampil bersahaja ini melihat situs-situs peninggalan bersejarah ini jika dirawat dan dikelola dengan baik bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Apalagi, Tanjungpinang yang dekat dengan Negara Singapura dan Malaysia yang memiliki hubungan sejarah Melayu masa lalu akan memancing warga negara tersebut untuk datang milihat dan mengunjungi situs-situs tersebut. Sehingga, masyarakat sekitar bisa terlibat dalam menyambut dan memanjakan para turis lewat jajanan kuliner khas Tanjungpinang

“Ketika kita merawat dan mengenalkan itu, saya yakni orang akan datang berkunjung karena kita punya sejarah masa lalu dengan negara Malaysia dan Singapura. Dengan begitu, masyarakat sekitar akan terbantu dari segi ekonomi dan pekerjaan. Dengan kita merawat dan menggali potensi ini menjadi kekayaan daerah, masyarakat sekitar bisa terbantu dari segi ekonomi dan lapangan kerja,” ungkapnya.

Ing Iskandarsyah yang kini menduduki jabatan Ketua Fraksi PKS DPRD Kepri ini berharap, jika masyarakat Tanjungpinang mengamanahkan jabatan Walikota di Pilkada 2018 mendatang, dirinya berkomitmen mewujudkan program-program unggulan yang bersentuhan dengan masyarakat yang diusungnya, seperti menjadikan Tanjungpinang Kota pendidikan, wisata kuliner dan Tanjungpinang yang sejahtera.

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …