Home / Aspirasi / Pulau Penyengat Sediakan Home Stay

Pulau Penyengat Sediakan Home Stay

Inforakyat, Tanjungpinang- Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Dispar) Kota Tanjungpinang, Reni Yusneli menyampaikan bahwa kini, Pulau Penyengat sudah memiliki Home Stay atau Rumah Tinggal sementara.

Ia menjelaskan, Home Stay ini bertujuan untuk para Wisatawan yang ingin bermalaman di Pulau Penyengat. Sehingga tidak lagi pusing mencari penginapan, karena disana sudah ada.

“Bagi Wisatawan yang ingin menginap bisa pesan lewat internet, dengan mengakses booking.com dan Airbnb.com,” kata Reni, Selasa (6/2).

Menurutnya hal tersebut sudah lama dibentuk, bahkan di Pulau Penyengat sudah ada 17 rumah warga yang dibuat Home Stay.

“Untuk menjadi rumah warga sebagai Home Stay harus memenuhi beberapa standar yang telah ditetapkan seperti, Harus nyaman, Bersih, Memiliki kamar mandi ‎dan WC,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa Home Stay Pulau Penyengat merupakan program dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia (RI).

Lanjutnya, Kemenpar RI telah memberikan bantuan berupa perlengkapan seperti, Handuk, Seprei, Tempat tidur bagi masyarakat yang memiliki home stay.

“Kita (Dispar) Kota Tanjungpinang hanya melakukan pembinaan dan pengawasan saja,” jelasnya.

Menurutnya, Program Kemenpar ini sangat coco‎k bagi Pulau Penyengat karena akan berdampak kepada perekonomian warga Pulau Penyengat.

“Tetapi, Home Stay ini belum menetapkan tarif, dan itu tergantung masing-masing pengelola,” tambahnya.

Amri/red

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …