Home / Aspirasi / Riono Bangga SWRO Resmi Beroperasi Di Tanjungpinang

Riono Bangga SWRO Resmi Beroperasi Di Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono dalam sambutannya di peresmian Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam menyampaikan rasa bangga dan bahagia dengan dioperasikannya SWRO ini untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan air minum.

“Dengan hadirnya SWRO ini diharapkan untuk memenuhi kebutuhan air minum untuk masyarakat. Pendistribusiannya lebih dikhususkan untuk masyarakat pesisir atau pelantar yang aksesbilitas dan keterjangkauan ketersediaan air minum yang layak konsumsi cukup terkendala permasalahan teknis,” ungkap Riono saat peresmian SWRO Batu Hitam yang diresmikan oleh Gubernur Kepri yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkim Provinsi Kepri, Heru Sukmoro, Selasa (3/4).

Kepala Dinas Perkim Provinsi Kepri, Heru Sukmoro menyampaikan SWRO ini sudah selesai dibangun sejak beberapa tahun lalu. Proyek Satker Kementrian PU ini menelan biaya pembanguan Rp97 miliar melalui dana APBN. Proyek ini didesain untuk bisa mengatasi kebutuhan 4000 pelanggan dengan kapasitas 50 liter per detik.

“SWRO ini merupakan dambaan, impian serta harapan besar buat masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir khususnya dan masyarakat Kota Tanjungpinang umumnya. Karena SWRO merupakan sumber air bersih akan di konsumsi masyarakat tersebut di rumahnya,” ungkapnya.

Heru juga menjelaskan Kementerian PUPR bersama Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang telah menganalisis ketersediaan kebutuhan air bersih pada saat Kota Tanjungpinang dilanda krisis air bersih karena kemarau panjang. Sumber-sumber air baku yang ada di Pulau Bintan tidak lagi mampu mencukupi kebutuhan air bersih.

“Berdasarkan analisis tersebut, maka dengan inisiatif bersama dibuat sebuah kebijakan untuk dibangun sistem penyediaan air bersih dan air minum dengan teknologi reserve osmosis yang mengolah air laut menjadi air yang siap minum atau yang dikenal dengan SPAM SWRO untuk masyarakat,” lanjutnya. (Humas/red)

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …