Home / Aspirasi / Disperdagin Tanjungpinang Gelar Bimtek Manajemen Pengelolaan Pasar Tahun 2018

Disperdagin Tanjungpinang Gelar Bimtek Manajemen Pengelolaan Pasar Tahun 2018

Inforakyat, Tanjungpinang- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Pasar Tahun 2018 yang diikuti sebanyak 100 Peserta, Kamis (3/5) di Hotel Melin, Tanjungpinang.

Ketua Panitia sekaligus Plt Disperdagin Kota Tanjungpinang, Samsudi mengatakan Bimtek ini dikuti dari Pengelola Pasar, Pedagang Pasar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dilingkungan Pemetintah Kota (Pemko) Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, Bimtek ini dilakukan untuk membantu dan mempermudah pengelola pasar agar lebih kompeten, profesional, trandparan dan berbudaya kerja yang baik dalam melaksanakan tanggungjawabnya.

Menurutnya, dalam Bimtek ini semua diajari mulai dari menghitung modal, keuntungan. Yang tadinya pasar tradisional tidak memakai pembukuan dan sekarang memakai pembukuan dan lainnya.

“Bimtek ini tujuannya untuk memudahkan mereka para pelaku pasar dalam mengelola dan membangun pasar dan memberdayakan komunitas pasar khususnya di Tanjungpinang,” kata Samsudi, usai pembukaan.

Ia berharap kedepan baik pedagang pasar modren ataupun tradisional semua mempunyai ilmu manajemen. Sebab, orang yang bekerja dengan ilmu pasti profesional.

“Dengan ilmu semua jadi mudah. Jadi yang kita harapkan, mungkin dengan ilmu semakin bagus pengelolaan pasar khususnya di kota ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan Bimtek ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tanjungpinang melalui DPA Disperindagin Kota Tanjungpinang tahun anggaran 2018.

“Adapun narasumber dalam Bimtek ini yakni dari Kementerian Perdagangan RI dan Small Medium Enterprises Development Center Yogyakarta,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan bahwa kegiatan tersebut di sambut baik olehnya.

“Kegiatan ini kita menyambut baik lah, supaya ada sinergitas antara Pemerintah dengan masyarakat dan pedagang,” kata Riono usai membuka secara resmi Bimtek tersebut.

Ia berharap, dengan Bimtek ini kedepannya pasar yang ada di Kota Tanjungpinang bisa terkelola dengan baik, sehingga ada hal-hal baru yang muda-mudahan nanti disampaikan oleh narasumber dan bisa diterapkan dipengelolaan pasar Tanjungpinang kedepan.

“Saya berharap kepada para peserta untuk memanfaatkan momen ini secara baik-baik,” tutupnya. (Amri/red)

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …