Home / Aspirasi / Resmikan Kampung Pelangi, Raja Ariza Berharap Menjadi Pusat Ekonomi

Resmikan Kampung Pelangi, Raja Ariza Berharap Menjadi Pusat Ekonomi

Inforakyat, Tanjungpinang- Pejabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza meresmikan Kampung Pelangi di Kampung Melayu Indah, Gg. Sempati yang terletak di Kilometer 6, Jalan RE. Martadinata arah Pelabuhan yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang dengan harapan bisa menjadi pusat ekonomi.

“Kita berharap Kampung Pelangi ini menjadi pusat ekonomi nantinya, yang ditujukan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar,” kata Raja, Kamis (10/5) usai meresmikan.

Ia mengatakan bahwa Kampung Pelangi ini merupakan salah satu untuk menambah kunjungan wisatawan yang datang ke Tanjungpinang.

Disamping Pemerintah, ia juga berharap agar para pihak pengusaha, Perbankan seperti Bank Riau, BTN dan lainnya maupun pihak-pihak Hotel untuk bekerjasama dalam membangun Kampung Pelangi.

Ia berharap pembangunan Kampung Pelangi ini tidak hanya sebatas ini saja.

“Untuk tahun depan harus didukung bagaimana pengembangan ekonomi masyarakat, membangun rumah-rumah masyarakat menjadi rumah produksi baik kuliner maupun kerajinan-kerajinan seperti membatik dan lain sebagainya yang nantinya sebagai oleh-oleh untuk wisatawan yang datang,” jelasnya.

Selain ini, kata Dia, pihaknya juga akan menata Teluk Keriting, Tanjung Unggat dan Senggarang, supaya pembangunan-pembangunan perumahan itu tertata dengan baik.

“Secara bertahap nanti kita lakukan bagaimana membangun kawasan-kawasan baru untuk wisata. Termasuk Senggarang nanti bisa saja dibangun sebagai perkampungan Cina,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Plt Kepala Disparbud Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin menyampaikan. Dana yang digunakan untuk pembamgunan Kampung Pelangi ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tanjungpinang tahun anggaran 2017.

“Dana pembangunan Kampung Pelangi ini saya kurang tahu berapa, sekitar Rp.100 juta lebih lah,” ucapnya.

Untuk biaya masuknya, kata Dia, saat ini pengunjung yang masuk ke Kampung Pelangi tersebut belum dikenakan biaya.

“Untuk saat ini belum bayar, karna kita berkonsultasi dulu ke pibak Saber Pungli bentuknya seperti apa. Jadi yang mau berkunjung silahkan sebelum bayar,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa, pihaknya menargetkan pengunjung ke Kampung Pelangi adalah Wisatawan Nasional dan Internasional.

“Target kita yang berkunjung ke Kampung Pelangi ini adalah wisatan nasional dan internasional,” tegasnya.

Ia menambahkan, Kampung Pelangi ini masih banyak yang mau dibenahi salah satunya mushola dan lainnya.
Pantauan, baru diresmikan Kampung Pelangi terlihat sudah banyak masyarakat yang berkunjung. (Amri/red)

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …