Home / KEPRI / Dinkes Tanjungpinang Ajak Wanita Usia Subur Skrining Kanker

Dinkes Tanjungpinang Ajak Wanita Usia Subur Skrining Kanker

Inforakyat, Tanjungpinang- Dinas Kesehatan Pengendalian Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, menghimbau kepada wanita usia subur mengikuti skrining kanker Serviks dan payudara.

“Hal ini untuk mencegah kanker serviks dan kanker payudara kepada wanita usia subur, dengan metode inspeksi visual asam asetat (IVA) dan skrining kanker payudara dengan periksa payudara secara klinis SADANIS,” kata kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam. Selasa (18/4).

Rustam menjelaskan, program inovatif tersebut dilakukan Dinkes Tanjungpinang, sebagai bentuk keprihatinan terhadap kasus kanker serviks dan payudara yang sering terlambat ditemukan dan sudah berada pada stadium lanjut.

“Karena keterlambatan mengenali kejadian kanker pada seseorang akan berimplikasi pada buruknya kesehatan, sedikitnnya pilihan pengobatan yang efektif, serta kecilnya kemungkinan untuk sembuh dengan biaya yang jauh jauh lebih besar,” ucapnya.

Rustam menambahkan, deteksi dini terhadap kasus kanker akan menjadikan lebih banyak pilihan pengobatan yang efektif, serta besarnya kemungkinan sembuh dengan biaya sangat sangat murah.

Sementara tanda dan gejala kanker serviks, untuk ciri-ciri kanker serviks sangat sulit sekali dirasakan atau diketahui. Biasanya gejala akan muncul nyata setelah memasuki stadium lanjut.

Adapun tanda dan gejala kanker serviks antara lain, rasa sakit pada mulut rahim, terjadi perdarahan yang tidak normal, mengalami keputihan yang tidak biasa, nyeri panggul, sering buang air kecil, gangguan pencernaan, napsu makan berkurang dan sering merasa lelah.

Kemudian tanda dan gejala kanker payudara, antara lain munculnya benjolan keras pada payudara, perubahan warna kulit payudara, munculnya benjolan di ketiak dan puting terasa nyeri.

About Redaksi

Check Also

Jaksa Masuk Sekolah Sosialisasikan Bahaya Judi Online

Inforakyat, Tanjungpinang- Dalam rangka pembentukan Revolusi Mental Karakter Anak Bangsa di Bidang Pendidikan untuk mewujudkan …