Home / KEPRI / Komisi III Akan Minta Pertanggungjawaban Dinas PU Terkait Jembatan I Dompak

Komisi III Akan Minta Pertanggungjawaban Dinas PU Terkait Jembatan I Dompak

Inforakyat, Tanjungpinang- Ketua Komisi III DPRD Kepri Saproni mengatakan, akan memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri terkait proses penyelesaian pengerjaan Jembatan I Dompak. Pasalnya, hingga kini surat tertulis pertanggungjawaban penyelesaian pengerjaan Jembatan tersebut belum diterima Komisi III yang membidangi pembangunan.

“Informasinya kan Jembatan sudah dalam tahap finising. Tapi secara pertanggungjawaban kan harus ada tertulis sebagai tanggungjawab kita kemasyarakat bahwa Jembatan itu benar-benar selesai dan aman digunakan,” kata Saproni, Kamis (15/9).

Menurutnya, surat tersebut sangat diperlukan. Sebab sebelumnya Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) merekomendasikan pembongkaran tiang Jembatan yang sempat roboh.

“Kalau memang pengerjaan itu sudah selesai dan aman digunakan, Dinas PU harus bisa mempertanggungjawabkannya dalam bentuk surat,” ungkapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas PU Kepri, Heru Sukmoro mengatakan, tanggal 8 September lalu, Jembatan I Dompak sudah tersambung. ”Alhamdulillah sudah tersambung seluruhnya. Sekarang konsentrasi pemasangan busur dua unit lagi,” ujarnya.

Menurut Heru nantinya di atas jembatan tersebut akan dibangun tiga busur. Sementara ini, yang baru selesai baru satu busur. Dua busur lainnya sedang tahap pengecoran dan ditargetkan pertengahan Oktober seluruhnya sudah rampung dan jembatan itu sudah bisa dilewati masyarakat umum. 

”Busur yang kedua sedang tahap pengecoran,” katanya.

Namun untuk kepastian jadwal peresmian Jembatan tersebut, Heru belum dapat memastikan apakah pada saat momen Festival Bahari Kepri (FBK) pada Oktober dan menjelang ulang tahun Provinsi Kepri, 24 September mendatang.

”Idenya Pak Guntur supaya bisa diresmikan pada saat event Sail Selat Karimata. Namun, tergantung Pak Gubernur,” kata Heru.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …

Tinggalkan Balasan