Home / KEPRI / Menpar: Pengembangan Wisata Bahari Kepri Butuh Perencanaan

Menpar: Pengembangan Wisata Bahari Kepri Butuh Perencanaan

Inforakyat, Tanjungpinang- Menteri Pariwisata RI Arif Yahya mengungkapkan, untuk mengembangkan wisata bahari Kepri, Pemerintah Daerah harus memiliki tiga core bisnis atau plan bisnis yakni, ukurannya, pertumbuhannya dan keuntungannya.

“Dengan penerapan tiga bisnis plan ini, maka kita bisa menetapkan suatu bisnis, termasuk bisnis pengembangan wisata bahari,” ungkap Menteri Arif Yahya dalam sambutannya dalam Rakor pariwisata bahari Kepri menuju gerbang bahari Indonesia di Hotel Aston Tanjungpinang, Senin (3/4).

Arif juga mengatakan, Kepri harus bisa mengembangkan sektor kepariwisataan, karena Kepri akan dijadikan sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

“Pariwisata di Kepri tidak kalah dengan daerah lain kalau dijadikan wisata bahari, karena Kepri menyumbang 50 persen dari wisata bahari,” ucapnya.

Menurut Arif, wisata Kepri merupakan salah satu dari tiga daerah penyumbang wisata terbesar Indonesia. Oleh karena itu, Kemenpar RI menargetkan Kepri 3 juta kunjungan wisata tahun 2017 ini.

“Kita yakin bisa tercapai dengan harapan pemerintah dan semua elemen masyarakat dapat berkoordinasi,” harapnya.

Dalam paparannya Menteri juga menyampaikan bahwa, sektor pariwisata merupakan penyumbang PDB nasional 10 persen dan tertinggi di ASEAN, peringatan keempat penyumbang devisa nasional sebesar 9,3 persen dan penyumbang 9,8 juta lapangan pekerjaan atau 8,4 persen serta yang paling mudah dan murah.

“Kepri ini punya salah satu sektor yang potensional yakni priwisata bahari. Maka kita minta itu dipetakan, berapakah besarnya agar itu bisa dikelola. Karena DNAnya bangsa kita ini pariwisata,” ungkapnya.

About Redaksi

Check Also

Triwulan I 2024, Industri Mesin dan Elektronik Dominasi Realisasi PMA di Batam

Inforakyat, Batam- Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun …