Home / KEPRI / Menteri KLH Dukung Bintan dan Karimun Jadi KEK

Menteri KLH Dukung Bintan dan Karimun Jadi KEK

Inforakyat, Tanjungpinang – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun terus mempercepat terpenuhinya persyaratan usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang di Kabupaten Bintan dan Pulau Asam di Kabupaten Karimun. Salah satunya, dengan menemui Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya di kantornya, Senin (6/2).

Usai pertemuan, Nurdin menjelaskan, Menteri Siti minta persyaratan yang terkait dengan Kementeriannya segera dibereskan. Untuk kawasan Pulau Asam, persyaratan yang masih harus dipenuhi adalah revisi status rencana tata ruang Karimun  menyangkut pulau tersebut.

Sedangkan untuk Kabupaten Bintan disarankan untuk membuat membuat MoU antara DPRD dan Bupati Bibtan tentang rencana pemberian fasilitas dan kemudahan. Juga agar membuat izin lokasi dan izin reklamasi.

“Saya sudah perintahkan tim segera urus hal-hal yang terkait dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, Menteri Siti sangat mendukung pengembangan suatu daerah yang memberi manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, Nurdin sangat berterima kasih dukungan dan dorongan Menteri Siti.

Nurdin menjelaskan, KEK di Bintan dan Karimun ini benar-benar akan mampu mendongkrak ekonomi Kepri. Apalagi semua kebutuhan infrastruktur disediakan sendiri oleh investor. Baik air, pelabuhan, listrik, jalan dan sebagainya. Hal ini baik untuk di Bintan maupun di Karimun.

Sebelumnya, saat bertemu dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan akhir pekan lalu, Gubernur Nurdin juga menyampaikan bahwa sejumlah daerah di Kepri juga perlu dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Saat ini, memang Batam sudah mendapat perhatian dari pemerintah pusat untuk pemgembangan KEK.

Bintan, Tanjungpinang, Natuna, Karimun, Anambas dan Lingga, kata Nurdin juga harus didorong dan didukung untuk maju sesuai dengan potensi masing-masing. Karena itu Nurdin berharap terus dukungan kebijakan pemerintah pusat untuk itu. Saat itu, Luhut memang menyampaikan dukungannya.

Akhir Januari lalu, Menko Perekonomian Darmin  Nasution minta agar sejumlah persyarakat untuk mewujudkan KEK di Bintan dan Karimun segera dipenuhi.

About Redaksi

Check Also

Triwulan I 2024, Industri Mesin dan Elektronik Dominasi Realisasi PMA di Batam

Inforakyat, Batam- Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun …