Home / KEPRI / Pemkot Batam Tawarkan Tempat Promosi Wisata Antardaerah

Pemkot Batam Tawarkan Tempat Promosi Wisata Antardaerah

Inforakyat, Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, menawarkan wilayahnya yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri menjadi tempat promosi kepariwisataan antardaerah.

“Bagi daerah lain yang ingin intens mengembangkan pariwisatanya, tidak ada salahnya bekerja sama dengan Pemkot Batam. Kita buat MoU antardaerah supaya wisatawan yang ke Batam melanjutkan perjalanan ke daerah bersangkutan,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Sabtu.

Ia mengatakani, kini sudah banyak maskapai yang membuka penerbangan langsung ke berbagai daerah di Indonesia sehingga Batam bisa menjadi pintu masuk wisman dari Malaysia dan Singapura yang akan berkunjung ke daerah lain.

“Dari Singapura, Malaysia dan lain-lain bisa kami transfer ke daerah lain yang menjadi daerah wisata selanjutnya,” kata dia.

Dengan begitu, pariwisata tidak hanya dinikmati Batam, melainkan juga daerah lain. Sesuai dengan semangat pembangunan Batam, menjadi penggerak ekonomi Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yusfa Hendri menyatakan pemerintah kota bertekad menjadikan Batam sebagai ‘gateway’ Indonesia, mengingat kota itu merupakan daerah ketiga penyumbang angka kunjungan wisman terbanyak di Indonesia setelah Jakarta dan Bali.

Selama ini, Batam banyak menyerap wisman asal Singapura, Malaysia dan negara-negara lain yang masuk Indonesia melalui dua Negara Jiran itu. Biasanya, wisman negara ke tiga itu melanjutkan perjalanan setelah atau di sela-sela kunjungannya ke Singapura dan Malaysia.

Yusfa berharap dapat mengajak wisman yang datang ke Batam itu untuk melanjutkan perjalanannya ke daerah lain di Indonesia.

“Wisman yang datang ke Batam, bisa kami promosikan ke turis tentang potensi wisata daerah lain. Kalau mau lihat gunung, di Sumatera Barat ada Singgalang, Merapi. Kalau mau melihat danau bisa ke Danau Toba di Sumatera Utara. Meli gajah, bisa ke Lampung,” papar mantan Kabag Humas Pemkot Batam itu. (Antara)

About Redaksi

Check Also

Triwulan I 2024, Industri Mesin dan Elektronik Dominasi Realisasi PMA di Batam

Inforakyat, Batam- Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun …

Tinggalkan Balasan