Home / KEPRI / Tanggapi Keluhan Warga Masalah Banjir, Kodim 0315 Bintan Bersihkan Gorong-Gorong

Tanggapi Keluhan Warga Masalah Banjir, Kodim 0315 Bintan Bersihkan Gorong-Gorong

Inforakyat, Tanjungpinang- Kodim 0315/WP Bintan menurunkan puluhan anggotanya membersihkan dan menggali saluran air ataupun gorong-gorong disepanjang Jalan D.I Panjaitan KM 9 Tanjungpinang untuk mengurai ketinggian banjir saat turun hujan. Sebab daerah tersebut kerap menjadi langganan banjir.

Kasdim 0315/WP Bintan Mayor Inf Sugeng mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kodim terhadap keluhan warga serta untuk memberikan kenyamanan bagi warga lainnya saat musim hujan.

“Kita melihat daerah ini selalu tergenang air saat turun hujan. Rumah-rumah tergenang, jalan raya tergenang sehingga sangat mengganggu,” kata Sugeng disela-sela pengerokan saluran air, Selasa (15/11).

Menurut Sugeng salah satu penyebab banjir yang kerap terjadi di sepanjang Jalan D.I Panjaitan khususnya dikomplek perumahan Taman Harapa Indah disebabkan saluran utama dibendung warga dengan tumpukan karung pasir.

“Ini penyebabnya sehingga air tidak mengalir dan naik ke permukaan jalan dan menggenangi perumahan warga,” ujarnya.

Untuk mengurai dan memperlancar aliran air, anggota Kodim pun bermaksud mengeluarkan tumpukan karung pasir. Namun oleh Ketua RW setempat menyampaikan bahwa tumpukan karung tersebut sengaja ditimbun warga untuk mengurangi debit air yang masuk ke perumahan warga.

“Dari laporan Pak RW, tumpukan karung pasir itu sengaja dibuat warga. Sebab kalau tidak limpahan air itu semuanya masuk ke perumahan,” ungkap Sugeng.

Sugeng berharap, Pemerintah daerah bisa segera tanggap mengatasi dan menyelesaikan permasalahan banjir di Kota Tanjungpinang.

“Tidak hanya di daerah ini saja. Daerah lainnya pun akan kita tinjau sebagai bentuk kepedulian kita pada warga. Seperti banjir di Jalan Pemuda akan kita lihat apa penyebabnya. Sebisa kita akan kita gali dan bersihkan gorong-gorong. Kita siap membantu warga dan pemerintah daerah. Semoga banjir bisa teratasi,” ungkap Sugeng.

Hal itupun dibenarkan oleh Ketua RW 02 Taman Harapan Indah, Mansyur. Menurut dia, penumpukan karung pasir itu atas kesepakatan warga dan swadaya warga untuk mencegah limpahan air yang bermuara dari beberapa titik ke aliran utama di Jalan D.I Panjaitan tumpah ke rumah-rumah warga.

“Ini memang inisiatip warga sini pak. Pasalnya kalau tidak begitu banjir akan menggenangi rumah warga semakin banyak,” kata Mansyur.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …

Tinggalkan Balasan