Home / Hukum / Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang Tangkap Kapal Bermuatan 900 Ton Oil

Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang Tangkap Kapal Bermuatan 900 Ton Oil

Inforakyat, Tanjungpinang- Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana TNI S.Irawan mengatakan, perburuan terhadap kapal MT.Vier Harmoni yang sebelumnya diberitakan hilang kontak berhasil ditemukan di perairan Pontianak Kalimantan Barat pada hari Rabu (24/8) sekitar pukul 16.00 WIB. Kini kapal bermutan 900 ton BBM tersebut sedang digiring ke Pangkalan Lantamal IV Tanjungpinang Provinsi Kepri.

“Penelusuran menggunakan KRI Teluk Gilimanuk 531 tim WFQR IV bersama gabungan Polda Kepri dan tim lainnya berhasil menangkap kapal MT.Vier Harmoni diperairan Pontianak Kalbar,” kata S.Irawan dalam jumpa pers bersama sejumlah awak media di markas Lantamal IV Tanjungpinang, Kamis (25/8).

Saat ini, kapal berbendera Indonesia yang diketahui disewa oleh salah satu perusahaan di Malaysia tersebut sedang dalam pengamanan dan penguasaan TNI AL. “Kita sudah menghubungi perusahaan pemilik kapal guna memberitahukan MT.Vier Harmoni sudah ditangkap dan sedang di ad hoc ke Pangkalan Utama Angkatan Laut IV Tanjungpinang,” ujarnya.

Kapal berbendera Indonesia milik PT.Vierlines dan diawaki 10 ABK berkewarganegaraan Indonesia itu, sedang dicarter oleh Perusahaan Ozoil SDN BHD di Malaysia untuk masa carter 2 tahun.

“Informasi yang kita terima, MT.Vier Harmoni ini dilarikan oleh ABK sejak 16 Agustus lalu di perairan Kuantan Malaysia dengan total muatan 900 ton oil. Motifnya pihak penyewa kapal tidak membayarkan gaji ABK beberapa bulan,” ungkapnya.

Irawan juga mengatakan, awal pihaknya terlibat dalam penelusuran dan pencarian hingga penangkapan MT.Vier Harmoni bermula dari adanya laporan bahwa kapal telah dilarikan oleh ABK.

“Menindaklanjuti laporan itu, Tim WFQR mengerahkan kekuatan dari unsur udara yakni helikopter, pesawat patroli, gabungan TNI AL dari unsur KRI dibawah kendali gugus tempur laut armada barat dan KRI dibawah kendali gugus keamanan laut wilayah barat langsung bergerak cepat melakukan pencarian. Dan Rabu (24/8) keberadaan kapal MT.Vier Harmoni berhasil kita temukan,” jelasnya.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …

Tinggalkan Balasan