Home / KEPRI / Situs Bersejarah Memprihatinkan, Pekat IB Bersihkan Lokasi Cagar Budaya

Situs Bersejarah Memprihatinkan, Pekat IB Bersihkan Lokasi Cagar Budaya

Inforakyat, Tanjungpinang- Puluhan anggota Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Provinsi Kepri melakukan kerja bakti gotong royong membersihkan cagar budaya Makam Daeng Celak Sei Carang Tanjungpinang, Rabu (19/4) sekitar Pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan goro tersebut  Sekretaris Umum DPW Pekat IB Kepri Muhammad Najib Ketua DPD Pekat IB Kota Tanjungpinang Muflih Azhar, dan Ketua Brigade Pekat IB Provinsi Kepri Bambang Surepno.

Muhammad Najib mengatakan, Kegiatan goro ini merupakan salah satu agenda rutin yang menjadi program Ormas Pembela Kesatua Indonesia Bersatu.

Dipilihnya cagar budaya tersebut dalam kegiatan Goro kali ini, berdasarkan hasil pantauan Brigade Pekat IB Provinsi Kepri yang melihat kondisi warisan budaya tersebut sudah memprihatinkan.

“Kondisinya memprihatinkan. Keramiknya juga udah ada yang terkelupas. Atapnya udah rapuh. Kami Keluarga besar Pekat IB Kepri, maupun Pekat IB Kota Tanjungpinang, beserta Brigade, akan melakukan perbaikan terhadap kondisi bangunan tersebut,” kata Najib.

Beberapa bangunan yang tidak layak seperti bagian atap yang sudab nampak tidak layak. Oleh karena itu, Pekat IB akan menggantikan Spandek Bangunan tersebut.

“Untuk dua makam dibagian belakang, kami juga akan memasangkan atap. Ini memprihatinkan. Kami tidak ingin situs sejarah untuk dilupakan,” ungkap Najib.

Selain memperbaiki atap yang tidak layak, ormas pekat IB juga akan menata kondisi makam tersebut, sehingga terlihat rapi dan bersih.

“Kami tidak menggunakan Anggaran pemerintah. Ini semua berkat gotong royong Keluarga Besar Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu,” tuturnya.

Sementara Ketua Pekat IB Kota Tanjungpinang, Muflih Azhar mengatakan keprihatinan nya, terhadap kondisi situs sejarah tersebut.

“Situs-situs yang memiliki nilai sejarah dan budaya, seyogyanya harus di rawat secara rutin. Sebab Situs sejarah merupakan salah satu  tempat wisata yang setiap saat dikunjungi masyarakat,” ungkap Muflih.

Kondisi kerusakan yang terjadi, sesegera mungkin harus diperbaiki, demi kenyamanan wisatawan.

Sementara ketua Brigade Pekat IB, Bambang Surepno mengatakan, sebagai ormas yang menanamkan nilai-nilai Pancasila, dan UUD, maka sudah sepantasnya pekat IB melakukan kegiatan yang bersifat sosial.

“Kita ingin nilai gotong royong, sebagai identitas bangsa Indonesia, perlu ditanamkan kembali. Kedepannya kami akan terus terjun secara langsung dalam hal yang berkaitan dengan kegiatan sosial,” ungkap Bambang.

About Redaksi

Check Also

Kepedulian dan Kebaikan Lis Darmansyah Alasan Penambang Sampan di Laut Jaya Doakan Lis-Raja Walikota Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Dukungan dan doa terhadap Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nomor …