Home / Hukum / Proses Laporan Tindak Pidana Pemilu, Kasipidum Kajari Masuk di Tim Gakkumdu Panwaslu Tanjungpinang

Proses Laporan Tindak Pidana Pemilu, Kasipidum Kajari Masuk di Tim Gakkumdu Panwaslu Tanjungpinang

Inforakyat, Tanjungpinang- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tanjungpinang, menempatkan Jaksa di tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Panwaslu Tanjungpinang. Tim Gakkumdu yang terdiri dari jajaran Polres, Jaksa dan Panwaslu berkantor di Kantor Sekretariat Panwaslu Tanjungpinang.

Peran serta dari unsur Kajari (Jaksa) yang dalam hal ini di komandoi merangkap anggota Gakkumdu Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Arief Syafrianto. SH.MH bertujuan mengawasi dan menampung laporan pelanggaran tindak pidana Pemilukada Tanjungpinang 2018.

“Kami Kejari Kota Tanjungpinang akan menyiapkan petugas Jaksa Gakkumdu di Panwaslu, untuk mempercepat proses pelayanaan atas pelaporan tindak pidana Pemilu maupun pidana umum,” kata Arief Syafrianto. SH.MH di Tanjungpinang.

Selain berbicara pengawasan proses Pilkada, Arief juga mengatakan, seluruh tim Sentra Gakkumdu juga akan menjaring laporan masyarakat mengenai tindakan pelanggaran money politik atau pelanggaran lainnya.

“Saya berharapa kepada seluruh elemen masyarakat agar bekerjasama dengan melaporkan segala bentuk permasalahan yang terjadi di Pilkada Tanjungpinang nanti. Laporkan ke Panwaslu bila ada menemukan pelanggaran/kecurangan. Panwaslu akan meneruskannya ke Sentra Gakkumdu,” ucapnya.

Selain, menerima dan meneruskan aduan laporan pelanggaran dari masyarakat, tim Gakkumdu kata Arief juga akan melakukan pemantauan dan koordinasi langsung kelapangan guna mengawasi proses tahapan Pilkada.

“Sehingga bila tim menemukan kecurangan atau pelanggaran oleh calon Kepala Daerah maupun Timses itu bisa sebagai temuan,” ungkapnya.

Editor: Sunarto Butarbutar

About Redaksi

Check Also

Lis: Tiga Tahun Pemda Tidak Fokus Perbaiki Ekonomi, Tanjungpinang Masuk Urutan Kedua Tingkat Kemiskinan Tertinggi di Kepri

Inforakyat, Tanjungpinang- Calon Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah menyoroti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Tanjungpinang …