Home / KEPRI / Apri Inginkan BUMdes Jadi Lokomotif Pembangunan Desa

Apri Inginkan BUMdes Jadi Lokomotif Pembangunan Desa

Inforakyat, Bintan- Bupati Bintan Apri Sujadi menginginkan agar Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) hendaknya dapat menjadi sentra lokomotif bagi mengembangkan serta menggerakkan perekonomian disetiap desa. Hal itu disampaikan Bupati Apri Sujadi saat meresmikan Pasar Desa di Kecamatan Tambelan, Sabtu pagi (29/4) lalu.

Dalam sambutannya, Apri Sujadi, mengatakan bahwa Unit Usaha Pasar yang dikelola secara bersama melalui BUMdes Bersama yang diberi nama BUMdes Kandil Bahar hendaknya bisa mendorong sektor ekonomi kreatif masyarakat dalam usaha peningkatan sektor ekonomi secara bersama-sama.

Dirinya juga mengharapkan agar pasar yang dibangun dan dikelola kedepannya hendaknya dapat menjadi sumber komoditi bagi kemajuan masyarakat desa dan daerah Tambelan.

“Hal ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah daerah untuk mendorong sektor ekonomi kreatif  masyarakat, saya juga menginginkan agar BUMdes disetiap desa hendaknya bisa dioptimalkan menjadi sentra lokomotif dalam  merangsang pelaku ekonomi karena pasar merupakan tempat titik awal tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan bahwa terkait pengoperasian dan pengembangan BUMdes Bersama Kandil Bahar, untuk tahap pertama akan disertakan modalnya berkisar 30-50 juta rupiah dari setiap desa.

“Untuk pengembangan sektor BUMdes disetiap desa nantinya Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan akan memberikan bimbingan dan pembinaan sesuai dengan arahan dari Bupati Bintan Apri Sujadi,” ujarnya.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …