Home / KEPRI / Gelar Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya, Lantamal IV Gandeng Kabupaten Lingga

Gelar Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya, Lantamal IV Gandeng Kabupaten Lingga

Inforakyat, Tanjungpinang- Dabo Singkep TNI Angkatan Laut sebagai salah satu komponen bangsa, mengimplementasikan komitmennya dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional di Kabupaten Lingga Provinsi Kepri melalui Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya (SBJ) Tahun 2016 yang dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 1-3 Agustus 2016. Senin (1/8).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. M.AP dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan, SE mengatakan, Opersi Bhakti TNI AL SBJ merupakan wujud kemanunggalan  TNI Angkatan Laut dengan masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu guna membantu program pembangunan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan serta kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa daerah perbatasan dan pesisir memiliki fungsi strategis bagi suatu negara, meliputi fungsi militer, ekonomi, konstitusi, identitas, kesatuan dan pembangunan. Oleh karena itu, daerah tersebut perlu menjadi fokus sentral kewilayahan dan pembangunan negara. Presiden Joko Widodo telah menetapkan sembilan agenda prioritas yang dikenal dengan nawacita yang salah satunya adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan,” tegas Kasal.

Danlantamal IV juga mengatakan bahwa kegiatan operasi bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan agenda rutin yang digelar TNI AL setiap tahun di pulau-pulau terpencil dan terdepan, selain sebagai wujud kemanunggalan TNI AL dengan masyarakat juga sebagai bagian dari kegiatan serbuan teritorial yang dilaksanakan Lantamal IV.

“Melalui SBJ ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dan positif dalam upaya pemerataan pembangunan hingga ke daerah pesisir yang belum tersentuh oleh sarana dan prasarana yang layak sehingga mampu membangkitkan rasa cinta tanah air,” ujarnya.

Dalam laporannya, Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Sriyanto, SE yang juga selaku Komandan Satgas SBJ melaporkan bahwa jumlah pasien yang berobat berjumlah 450 orang, diantaranya 300 orang pengobatan umum, 150 orang pemeriksaan gigi, 50 orang khitan massal.

Selain itu juga dilaksanakan pembuatan sarana MCK di desa Tanjung Harapan Kecamatan Singkep, pengecatan tempat ibadah meliputi masjid Al-Fattah, Surau Al-Manar, gereja GPPS, gereja Katholik, dan balai desa Tanjung Harapan. Satgas SBJ juga melaksanakan penanaman 1.000 batang pohon mangrove yang di tanam di desa Pasir Kuning.

Adapun kegiatan non fisik yang dilaksanakan adalah penyuluhan/sosialisasi kepada 200 siswa SMA/SMK mengenai masalah hukum, HIV/Aids dan bahaya Narkoba serta Bela Negara.

Operasi Bhakti TNI AL SBJ 2016 melibatkan 220 personel yang terdiri dari 50 personel TNI AL, 30 personel Pemda Lingga, 20 personel unsur masyarakat, 40 personel dari pelajar dan Saka Bahari serta 80 personel marcingband. Dalam kegiatan tersebut juga didukung oleh unsur Patkamla Lantamal IV KAL Mapor II-4-64.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …

Tinggalkan Balasan