Home / KEPRI / Maksimalkan Potensi Laut Kepri, Nurdin Akan Kembangkan Industri Perikanan

Maksimalkan Potensi Laut Kepri, Nurdin Akan Kembangkan Industri Perikanan

Inforakyat, Tanjungpinang- Kepulauan Riau (Kepri) yang terdiri dari pulau-pulau dan dikelilingi lautan yang luas lautnya mencapai 96% sangat potensial meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyatakan telah melihat potensi tersebut. Ia berencana mengembangkan potensi laut tersebut melalui industri perikanan.

“Baik untuk perikanan tangkap, perikanan budidaya maupun usaha pengolahan perikanan,” kata Nurdin saat bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Jakarta. Selasa (17/5).

Nurdin juga mengakui, dalam pertemuannya tersebut, Menteri Susi menyambut baik dan akan mendukung penuh keinginan provinsi Kepri untuk menjadi sentra perikanan.

“Menteri Susi sangat mendukung rencana Kepri menjadi sentra perikanan terlebih wilayah Natuna,” sebut Nurdin.

Untuk mendukung hal tersebut, diketahui Kementerian sudah mengucurkan dana Rp50 miliar tahun 2015 untuk pembangunan di Selat Lampa, Kabupaten Natuna. “Laut Kepri yang luas ini adalah jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri,” katanya.

Sedangkan tahun ini, ada Dan Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp8 miliar untuk penyempurnaan tempat pelelangan ikan (TPI) dan pembangunan fasilitas pendukung pelabuhan.

“Selat Lampa memang menjadi salah satu titik industrialisasi perikanan di Kepri. Program pengembangan perikanan ini akan disejalankan dengan pemerintah pusat serta disinergikan dengan pemerintah daerah tingkat dua,” ungkapnya.

About Redaksi

Check Also

Triwulan I 2024, Industri Mesin dan Elektronik Dominasi Realisasi PMA di Batam

Inforakyat, Batam- Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun …

Tinggalkan Balasan