Home / KEPRI / Peringati Hari Kartini, BPJS Kesehatan Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker

Peringati Hari Kartini, BPJS Kesehatan Gelar Seminar Deteksi Dini Kanker

Inforakyat, Tanjungpinang- Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Tanjungpinang bersama Dinas Kesehatan Pengendalian Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang menggelar seminar dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Kanker Payudara, Pemeriksaan IVA, SADANIS dan Pelayanan KB secara Gratis di Puskesmas Batu 10. Sabtu (22/4) pagi.

Kepala unit manejemen Kepesertaan, pengendalian mutu pelayanan dan penanganan pengaduan peserta BPJS Kesehatan Evi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah BPJS dalam mewujudkan progran prefentif dan promotif di seluruh Puskesmas se Indonesia.

“Acara ini serentak kita lakukan dalam gebyar peringatan hari Kartini 21 April. Kegiatan ini juga upaya kita dalam mewujudkan program BPJS Kesehatan,” kata Evi disela kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengajak masyarakat agar lebih rajin memeriksakan kesehatan tersebut tidak dipungut biaya juga menghadirkan Dirjen Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Kemenkes RI, dr. H. Mohamad Subuh, MPPM disambut antusias masyarakat, terutama wanita usia subur.

BPJS Kesehatan juga menyarankan agar masyarakat, baik peserta JKN-KIS maupun tidak agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui rekam medis lebih dini.

“Harapannya peserta JKN-KIS bisa lebih tahu lebih awal kondisi kesehatannya. Karena akan terdetiksi lebih dini, dan akan segera dilakukan tindakan medis pencegahan bila sudah diketahui,” ungkapnya.

Evi juga menambahkan, BPJS Kesehatan akan menjaminan dan menanggung semua biaya perobatan Kanker, baik Kanker Payudara maupun Serviks peserta JKN-KIS sampai pasien sembuh.

“BPJS akan tanggung. Dijamin sampai sembuh. Karena pemerintah telah menganggarkan 47 persen dari total anggaran Kesehatan diberikan pada BPJS Kesehatan untuk pembiayan kronis,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengatakan pemerintah selalu memperhatikan permasalahan masyarakat, terutama kesehatan masyarakat. Untuk itu ia menyarankan agar masyarakat memanfaatkan segala fasilitas kesehatan yang telah tersedia.

“Permasalahan yang ada di masyarakat, kita melihat masyarakat selalu takut misalnya untuk menjalani perawatan kemotrapi, padahal kemotrapi cukup efektif untuk penyembuhan beberapa jenis kanker, nah, pemahaman inilah yang akan kita berikan kepada masyarakat melalui sosialisasi ini,” kata Walikota.

About Redaksi

Check Also

Progres Pembangunan Fly Over Sei Ladi Batam Capai 45 Persen

Inforakyat, Batam- Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus menggesa pembangunan Jembatan Layang (Fly Over) Sei …