Home / KEPRI / Rektor UMRAH Lantik Dua Wakil Rektor

Rektor UMRAH Lantik Dua Wakil Rektor

Inforakyat, Tanjungpinang- Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Syafsir Akhlus melantik dua Wakil Rektor (Warek) periode 2016-2020 untuk membantu Rektor dalam menjalankan tugas-tugasnya membenahi dan mengembangkan UMRAH. Wakil Rektor yang dilantik yakni DR. Ir Gustami sebagai Warek I dan Heri Suryadi Sip.Msi sebagai Warek II.

Akhlus mengatakan, pelantikan tersebut merupakan momentum bersejarah bagi UMRAH. Pasalnya sejak berubah status menjadi Universitas Negeri, baru ini pertama UMRAH melaksanakan pelantikan pimpinan struktural UMRAH. Karena selama ini yang melantik adalah pusat melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikam Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti RI).

“Ini merupakan sejarah. Periode ini UMRAH sudah melaksanakan pelantikan sendiri berdasarkan ketentuan yang ada dan statua yang ada di UMRAH. Artinya kita sudah mandiri,” kata Akhlus, Rabu (22/6).

Akhlus juga mengatakan, kemandirian UMRAH tersebut diawali pada pemilihan Rektor bulan lalu yang dilaksanakan dengan pemilihan demokratis melalui prosedur dan aturan yang tertuang dalam ketentuan Kemenristekdikti dan statua UMRAH.

“Dalam statua UMRAH secara tegas mengatakan wakil rektor dan pejabat struktural lainnya dilingkup UMRAH dipilih dan diangkat oleh Rektor,” ujarnya.

Namun, dalam pemilihan tersebut Akhlus terlebih dahulu memberikan kesempatan kepada setiap Fakultas untuk merekomendasikan calon-calon yang akan dipilih dan dilantik oleh Rektor.

“Artinya posisi Warek sepenuhnya ditangan Rektor. Tapi saya mencoba memulai sebuah tradisi dimana Warek ini tidak langsung dipilih Rektor, tapi calon yang diajukan Fakultas dan Civitas akademika dan saya mengakomodir pilihan itu,” kata Akhlus.

Fakultas dan segenap Civitas Akademika UMRAH mengajukan 4 dari 2 calon wakil rektor yang dilantik. “Jadi pilihan yang saya lantik ini yakni Pak Bustami dan Pak Heri adalah pilihan yang dipilih civitas,” ungkapnya.

Akhlus berharap, pemilihan pejabat struktural seperti ini dapat bertahan di UMRAH dimasa yang akan datang. “Saya berharap kedepan siapapun Rektornya nanti tradisi yang kita mulai ini bisa dipertahankan dimasa-masa yang akan datang,” ungkap Akhlus.

Kepada kedua Wakil Rektor, Akhlus berharap bisa membenahi dan mengembangkan UMRAH kedepan dengan penuh pengabdian dan kerja keras.

About Redaksi

Check Also

Proyek Senilai Rp 5 Miliar Dimenangkan Oleh CV Yang Masuk Daftar Hitam, JPKP Duga Ada Permainan Under Table dan Mal Administrasi

Inforakyat, Tanjungpinang- Dugaan Mal Administrasi proyek Penataan Kawasan Pusaka di Kota Tanjungpinang bernilai Rp5.000.000.000,00. Telah …

Tinggalkan Balasan