Home / KEPRI / Atasi Persoalan Transportasi Tambelan, Dewan Sarankan Subsidi Silang

Atasi Persoalan Transportasi Tambelan, Dewan Sarankan Subsidi Silang

Inforakyat, Tanjungpinang– Untuk menyelesaikan polemik masalah transportasi warga Tambelan yang tak kunjung selesai, Ketua Komisi II DPRD Kepri Ing Iskandarsyah menyarankan Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemerintah provinsi (Pemprov) Kepri melakukan subsidi silang untuk mengoperasikan kapal pengganti untuk beroperasi ke Tambelan.

“Saya rasa ini masalah uang saja, kalau masalah kapal pengganti pemerintah bisa menggunakan kapal navigasi, atau sejenis oceana yang melakukan pelayaran ke Anambas,” kata Ing Iskandar usai menghadiri hearing di Komisi II DPRD Kepri bersama masyarakat Tambelan, Senin (16/5).

Iskandar mengakui selama ini masyarakat Tambelan memang sangat bergantung dengan kapal perintis. Karena, kalau mengharapkan pesawat, masyarakat Tambelan harus menunggu lama untuk rampungnya bandara.

“Masalahnya sangat kompleks, karena masyarakat Tambelan bergantung kepada Pelni, sementara Pelni bergantung pada Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah juga bisa memanfaatkan kapal cepat rute ke Anambas. Karena, jarak Anambas dan Tambelan hampir berdekatan. “Atau menggunakan kapal Angkatan Laut untuk membawa masyarakat Tambelan jelang lebaran nanti,” ujarnya.

Dalam hal ini, masyarakat Tambelan sebenarnya bisa ke Pontianak, lalu ke Kepri. Akan tetapi, tidak semua masyarakat Tambelan memiliki kemampuan untuk itu. “Karena prinsip pemerintah itu, walaupun  satu orang, tetap harus diurus. Jangan bicara untung rugi, tak boleh itu,” ujarnya.

About Redaksi

Check Also

Triwulan I 2024, Industri Mesin dan Elektronik Dominasi Realisasi PMA di Batam

Inforakyat, Batam- Penanaman Modal Asing (PMA) di Kota Batam tumbuh positif sepanjang Triwulan I Tahun …

Tinggalkan Balasan