Home / Aspirasi / Bahasa Indonesia Diusulkan Jadi Bahasa Internasional
Syafsir Akhlus
Syafsir Akhlus

Bahasa Indonesia Diusulkan Jadi Bahasa Internasional

Inforakyat, Tanjungpinang- Bahasa Indonesia layak diusulkan menjadi Bahasa Internasional. Pasalnya, di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) sendiri, Bahasa Indonesia sudah memenuhi persyaratan sebagai bahasa pengantar untuk kawasan ASEAN.

Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof. Syafsir Akhlus mengatakan, Bahasa Indonesia kedepan bakal jadi Bahasa Internasional.

“Setahu saya yang diwacanakan menjadi bahasa Internasional adalah Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Melayu,” kata Prof. Syafsir Akhlus, Selasa (14/06).

Akhlus mengatakan, untuk menggolkan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional perlu pengembangan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik.

“Yang perlu diperkuat adalah pengembangan ukuran kemampuan berbahasa Indonesia bagi penutur asing (semacam TOEFL). Saat ini sudah ada Program BIPA, yaitu, Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, tetapi masih belum lengkap instrumen pengukurnya,” ucap Syafsir.

Sementara upaya yang bisa dilakukan agar Bahasa Indonesia bisa menjadi Bahasa Internasional, lanjut Syafsir, pertama pemerintah melalui Kemendikbud harus memperkuat standar Berbahasa untuk Bahasa Indonesia, kedua wajibkan seluruh mahasiswa asing yang berstudi di Indonesia untuk berbahasa Indonesia pada komunikasi formalnya.

Kemudian ketiga, menggunakan ungkapan-ungkapan berbahasa Indonesia pada forum internasional dan keempat, mewajibkan seluruh tenaga kerja yang akan dan kerja di Indonesia memiliki kemampuan berbahasa Indonesia minimal tingkat dasar.

“Tentu saja kita semua harus berupaya agar Bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa Internasional, seperti, 5 Bahasa lainnya yang sudah duluan,” ungkap Akhlus yang juga ketua Rektor seluruh Indonesia.

About Redaksi

Check Also

Proyek Senilai Rp 5 Miliar Dimenangkan Oleh CV Yang Masuk Daftar Hitam, JPKP Duga Ada Permainan Under Table dan Mal Administrasi

Inforakyat, Tanjungpinang- Dugaan Mal Administrasi proyek Penataan Kawasan Pusaka di Kota Tanjungpinang bernilai Rp5.000.000.000,00. Telah …

Tinggalkan Balasan